Faktor Penyebab Pendinginan Global Secara Cepat Mendadak

Selain pemanasan global seperti yang saat ini sedang terjadi di planet kita yang indah ini juga ada yang namanya pendinginan global seperti yang terjadi di masa lalu.  Jika pemanasan global menyebabkan suhu bumi secara umum meningkat dari waktu ke waktu, pendinginan global mengakibatkan suhu temperatur di bumi turun dari waktu ke waktu.  Pada pendinginan global semakin lama maka akan terasa semakin dingin dan suhu permukaan air laut turun secara signifikan sehingga luas daratan menjadi semakin luas dan banyak pulau-pulau baru bermunculan dari bawah permukaan air laut.

Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Pendinginan Global Tiba-Tiba / Mendadak (Instan) :

1. Letusan Gunung Berapi Super

Material yang dilepaskan oleh letusan gunung berapi super bisa saja menutupi langit dunia secara umum sehingga menyebabkan cahaya matahari sulit untuk mencapai permukaan bumi.  Dengan demikian maka tumbuh-tumbuhan akan kesulitan untuk hidup sehingga akhirnya akan mati.  Jika tumbuh-tumbuhan mati maka binatang-binatang pun akan banyak yang ikut mati.  Lama kelamaan maka permukaan bumi akan bisa menjadi dingin dalam waktu yang sangat panjang sehingga banyak air akan berubah menjadi es.  Zaman es instan pun akan dimulai yang membuat hidup manusia menjadi sulit.

Abu vulkanis pun turut menyumbang derita kepada umat manusia yang hidup di kala itu.  Abu dalam jumlah yang sangat banyak akan menutupi tumbuhan sehingga dapat mati secara perlahan-lahan.  Asap beracun dan panas pun juga ikut melengkapi penderitaan para korban sehingga akan ada banyak yang mengalami sakit akibat terlalu banyak menghirup gas-gas beracun dan partikel abu yang merusak kesehatan tubuh.

2. Hantaman Asteroid Besar dari Luar Angkasa

Saat ini ada banyak sekali benda-benda angkasa yang berkeliaran di sekitar planet bumi yang kita tempati.  Jika saja ada asteroid besar yang secara tepat mengarah ke planet bumi, maka bencana besar akan segera dimulai dengan indahnya.  Tumbukan asteroid dengan permukaan planet bumi mungkin akan bisa mengakibatkan situasi dan kondisi yang mirip dengan letusan gunung api super.  Jika menghantam laut maka yang dapat terjadi adalah gelombang tsunami yang sangat besar sehingga dapat membunuh jutaan atau bahkan milyaran orang di seluruh dunia.

---

Jika masih ada penyebab pendinginan global yang belum dipaparkan di tulisan ini mohon dituliskan lewat fitur komentar yang ada di bagian bawah tulisan ini.  Begitu dahsyatnya pendinginan global yang terjadi secara cepat dapat menyebabkan jutaan bahkan miliaran orang meninggal dunia.  Salah satu penyebabnya adalah wabah kelaparan yang terjadi akibat dari tumbuh-tumbuhan yang tidak dapat hidup dengan baik sehingga bahan makanan akan berkurang secara drastis.

Walaupun itu hanya teori saja namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terjadi.  Yang bisa kita lakukan hanyalah terus melaksanakan apa-apa saja yang telah diperintahkan oleh Allah SWT serta selalu berusaha sekuat tenaga untuk menjauhi dan tidak melaksanakan segala laranganNya.  Dengan begitu ketika suatu saat nanti terjadi bencana yang demikian hebatnya kita sudah siap untuk menghadap Sang Ilahi dengan penuh keikhlasan dan ketenangan sebagai insan yang mati khusnul khotimah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Pendinginan Global Secara Cepat Mendadak"

Poskan Komentar