Macam/Jenis Penyebab Kontaminasi Makanan Pemicu Keracunan Membahayakan

Makanan yang tidak diolah dan disajikan dengan baik bisa menjadi sumber malapetaka bagi manusia yang memakannya.  Hal ini disebabkan oleh adanya zat-zat beracun atau bibit penyakit berbahaya yang turut masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh manusia bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi.  Hal ini harus kita waspadai bersama karena kasus keracunan makanan sering terjadi di sekitar kita.  Jika tidak waspada dan berhati-hati bukan tidak mungkin kita bisa menjadi korban berikutnya dari kontaminasi makanan pemicu penyakit dan gangguan kesehatan pada manusia.

Penyebab Kontaminasi Pada Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia :

1. Pencemaran Mikro Organisme / Mikroba

Ada banyak faktor yang menyebabkan pencemaran mikroba pada makanan yang akan disajikan pada manusia.  Biasanya faktor higienitas menjadi faktor yang paling penting dalam pencegahan pencemaran makanan yang disebabkan oleh mikro organisme.  Yang pasti tempat memasak dan alat-alat memasak haruslah bersih dari kontaminasi mikroba.  Orang yang memasak juga harus berpenampilan bersih serta memahami standar kebersihan dalam kegiatan masak-memasak.

Selain itu hendaknya bahan makanan dicuci, diolah dan dimasak dengan baik agar mikroba yang ada bisa mati secara optimal.  Di samping itu makanan yang siap saji harus dipisah tempatnya dengan tempat di mana bahan-bahan mentah berada agar bahan makanan mentah tidak mengkontaminasi makanan yang sudah matang dan siap dikonsumsi oleh manusia.  Jangan sampai makanan yang sudah matang diberi sentuhan akhir dengan menggunakan alat-alat yang digunakan untuk mengolah bahan mentah sebelumnya.

2. Pencemaran Bahan Kimia

Faktor "human error" dan keteledoran memang bukanlah sesuatu hal yang aneh sebagai penyebab keracunan makanan dan minuman pada manusia.  Bisa saja secara tidak disengaja orang yang bertugas memasak melakukan kesalahan dalam pengolahan bahan makanan sehingga menyebabkan makanan yang disajikan menjadi mengandung zat kimia beracun yang berbahaya bagi kesehatan orang yang memakannya.

Selain faktor kelalaian, pencemaran makanan akibat kontaminasi bahan kimia juga bisa terjadi akibat dari faktor kesengajaan.  Orang yang membuat makanan secara sengaja menambahkan zat-zat tertentu yang tidak seharusnya digunakan sebagai bahan makanan.  Contohnya seperti menambahkan pewarna tekstil, pengawet mayat, pemanis buatan dalam jumlah besar, penguat rasa dalam jumlah besar, dan lain sebagainya.

Faktor lain yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi secara kimiawi adalah pemilihan alat masak yang buruk.  Peralatan masak dan peralatan penyajian juga berpengaruh dalam kontaminasi bahan kimia dalam makanan manusia.  Misalnya seperti menggunakan kantong plastik kresek daur ulang untuk membungkus makanan, menggunakan piring melamine yang tidak aman, memakai alat masak berkarat, dan lain-lain.

---

Maka dari itu hendaknya kita lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.  Sedikit saja kita salah pilih makanan minuman maka nyawa bisa menjadi taruhannya.  Makanan dan minuman bukan main-main karena bisa menyebabkan banyak menderita lahir batin jika sampai menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita bersama.  Penerapan pola masak yang sehat bisa meminimalisir terjadinya kontaminasi makanan dan minuman penyebab penyakit dan gangguan kesehatan pada manusia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Macam/Jenis Penyebab Kontaminasi Makanan Pemicu Keracunan Membahayakan"

Poskan Komentar