Efek/Bahaya Makan Ayam Disuntik Hormon Estrogen Pada Manusia

Beternak ayam dengan cara menyuntikkan hormon estrogen pada ayam adalah sesuatu hal yang dilarang karena berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental manusia.  Namun masalahnya saat ini mungkin masih banyak ayam potong yang telah diberi suntikan hormon estrogen semasa hidupnya.  Hormon esterogen sangat berpengaruh terhadap ayam pedaging karena dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan fisik ayam potong sehingga dapat lebih cepat dipanen.

Beberapa Dampak Negatif / Efek Buruk Makan Ayam yang Diberi Hormon Estrogen Bagi Kesehatan Manusia :

1. Memperkecil Ukuran Penis Anak-Anak

Hormon estrogen adalah hormon kewanitaan pada manusia sehingga anak-anak yang berjenis kelamin laki-laki yang masih dalam masa pertumbuhan dapat terpengaruh secara negatif oleh hormon esterogen yang ikut termakan bersama ayam dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.  Hormon estrogen bisa membuat perkembangan penis anak menjadi tidak maksimal sehingga pada akhirnya penis anak menjadi kecil ukurannya di bawah normal.

2. Perilaku Anak Laki-Laki Menjadi Kewanitaan

Tidak hanya secara fisik saja pengaruhnya, namun juga secara mental pun juga bisa dipengaruhi oleh hormon yang secara tidak sengaja terkonsumsi bersama makanan yang berbahan ayam berhormon estrogen.  Secara perilaku anak laki-laki bisa menjadi kewanita-wanitaan sehingga bisa berdampak buruk bagi perilakunya di masa dewasa jika terus dibiarkan tanpa penanganan yang tepat.

3. Mempercepat Haid Pertama Anak Perempuan

Tidak hanya anak laki-laki saja yang terkena dampak buruk negatif dari ayam suntik hormon estrogen, anak perempuan pun juga ikut terkena imbasnya.  Menstruasi anak perempuan akan datang lebih cepat dari yang seharusnya.  Jika normalnya anak-anak telat datang bulan untuk yang pertama kali pada usia 11 sampai 12 tahun, kontaminasi hormon estrogen lewat makanan bisa membuat anak kecil berusia 9 tahun berubah menjadi anak gadis yang sudah haid.

---

Itulah beberapa bahaya makan ayam yang telah disuntik hormon estrogen pada manusia, khususnya pada anak-anak yang masih dalam pertumbuhan jasmani dan rohani.  Jangan sampai anak-anak kita menjadi korban dari kejahatan para peternak ayam yang tidak memikirkan dampak buruk ayam-ayam pedagingnya bagi kesehatan orang lain.  Mungkin masih ada banyak lagi efek buruk lainnya yang disebabkan oleh ayam berhormon estrogen suntikan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Demi kebaikan kita bersama maka hendaknya kita lebih selektif dan berhati-hati lagi dalam memilih ayam potong yang akan digunakan untuk dimakan.  Jika memungkinkan pilih ayam potong yang diternakkan atau dibudidayakan oleh peternak yang jujur dan tidak menggunakan obat-obatan unggas yang aneh-aneh.  Jika perlu mulai biasakan dari sekarang untuk hanya mengkonsumsi ayam organik saja atau menternakkan ayam sendiri bersama-sama dengan orang yang peduli dengan kesehatan.  Kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Efek/Bahaya Makan Ayam Disuntik Hormon Estrogen Pada Manusia"

Poskan Komentar