Faktor Pemicu/Penyebab Buta Warna Pada Mata Manusia

Menurut orang yang ahli di bidang mata manusia mengatakan bahwa penyebab buta warna paling sering terjadi adalah akibat dari faktor genetik.  Buta warna terjadi karena adanya mutasi gen tertentu yang menyebabkan terhambatnya kemampuan pigmen pada syaraf optik untuk mengidentifikasi warna secara normal.  Sel yang bertugas sebagai pembeda warna pada mata adalah sel kerucut.  Sel kerucut mata terdapat di bagian retina pada mata manusia.

Buta warna dipicu oleh tidak berfungsinya sel kerucut pigmen tertentu sehingga seseorang yang mengalami kebutaan warna tidak bisa membedakan warna tertentu yang dilihat lewat mata telanjangnya.  Pada umumnya buta warna pada manusia terjadi pada pembedaan warna merah hijau.  Namun sebagian penderita buta warna mengalami gangguan penglihatan warna pada warna biru kuning.  Penyakit buta warna yang sangat langka adalah buta warna total yang menyebabkan penderitanya hanya bisa melihat warna hitam putih saja seperti televisi hitam putih di zaman dahulu.

Pada saat ini kelainan buta warna pada manusia belum dapat disembuhkan secara medis.  Namun seorang penderita buta warna bisa mencicipi melihat indahnya warna dunia yang sebenarnya dengan cara memakai lensa kacamata khusus untuk penderita buta warna.  Kacamata enchroma bisa membantu para pengidap buta warna untuk melihat warna yang sebenarnya.  Namun kacamata enchroma bukan obat buta warna karena hanya sekedar alat bantu melihat saja.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Pemicu/Penyebab Buta Warna Pada Mata Manusia"

Poskan Komentar