Kacamata Buta Warna "Obat" untuk Melihat Warna Merah, Hijau dan Biru

Obat buta warna untuk saat ini memang belum ada untuk bisa melihat warna merah, hijau dan biru secara sempurna.  Namun obat sementara untuk penderita buta warna agar bisa melihat warna dunia yang sebenarnya sudah ada yaitu kacamata enchroma.  Hanya dengan memakai kacamata ini maka seorang penderita kebutaan warna normal bisa melihat warna-warna yang belum pernah dilihatnya sehingga dunia akan menjadi lebih indah untuk dilihat oleh mata.

Akan tetapi kacamata enchroma untuk penderita buta warna tidak dapat menyembuhkan buta warna.  Kacamata enchroma hanya bertindak seperti kacamata minus pada orang yang mengalami rabun jauh.  Begitu kacamata dilepas maka buta warna pun akan kembali seperti sedia kala.  Penyakit buta warna disebabkan oleh rusaknya sel kerucut yang ada pada mata yang berfungsi untuk membedakan warna yang dilihatnya.  Sel kerucut mata yang rusak biasanya adalah sel kerucut untuk membedakan warna merah atau warna hijau dari tiga jenis sel kerucut merah, hijau dan biru.

Lensa pada kacamata enchroma dibuat secara khusus bagi mata orang yang buta warna.  Lensa kacamata enchroma punya filter khusus menangkap cahaya yang spektrumnya saling tumpang tindih satu sama lain sehingga mendorong suatu hambatan yang menyebabkan frekuensi cahaya saling bertabrakan.  Bagi orang yang normal mungkin memakai kacamata buta warna tidak akan memberikan suatu sensasi apa-apa.  Namun bagi penderita buta warna sejak lahir mungkin akan menjadi suatu pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan seumur hidup.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kacamata Buta Warna "Obat" untuk Melihat Warna Merah, Hijau dan Biru"

Poskan Komentar