Gledek / Petir / Kilat Warna Merah Unik di Atas Badai Bumi

Biasanya kilat yang kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari adalah kilat petir yang berwarna putih.  Pada umumnya kilat kita lihat pada saat hujan atau cuaca mendung.  Walaupun terlihat biasa-biasa saja, kilat merupakan salah satu hal yang sangat berbahaya bagi manusia.  Tidak jarang kilat bisa sampai ke permukaan tanah sehingga menyebabkan kerusakan benda-benda dan bahkan kematian pada manusia yang dikenainya.  Itulah sebabnya mengapa rumah dan gedung-gedung tinggi menggunakan penangkal petir pada bagian atasnya.

Namun fakta yang ditemukan berkata beda.  Ternyata ada kilat yang berwarna merah di planet kita.  Namun petir merah atau kilat merah tersebut mungkin hanya muncul di atas badai saja sehingga kita yang berada di permukaan bumi sulit untuk melihatnya secara langsung dengan mata telanjang.  Jika ingin melihatnya mungkin harus menggunakan alat khusus atau melihatnya dari atas langit yang tinggi.  Terlebih lagi akan jauh lebih mengasyikkan jika melihatnya secara langsung dari stasiun luar angkasa yang ada di luar planet bumi.

Diduga gledek kilat merah tersebut dipicu oleh gelombang gravitasi pada atmosfer bumi.  Gangguan kecil yang yang diakibatkan oleh gelombang gravitasi terjadi pada atmosfir bumi bisa tumbuh di dalam medan listrik pada badai sehingga menimbulkan adanya sprite.  Sprite menjadi berwarna merah terang akibat dari elektron yang ada pada badai terionisasi oleh nitrogen.  Dengan demikian maka warna kilat yang dihasilkan menjadi berwarna merah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Gledek / Petir / Kilat Warna Merah Unik di Atas Badai Bumi"

Poskan Komentar