Ada Ikan dan Udang di Danau Bawah Es Tebal Kutub Selatan

Lingkungan yang amat sangat dingin sekali dan tertutup dari peradaban dunia luar ternyata memiliki komunitas makhluk hidup yang bisa bertahan hidup dengan baik dari generasi ke generasi.  Hal ini dapat kita temukan di danau yang ada di kutub selatan atau yang kita kenal dengan sebutan benua antarktika.  Uniknya adalah ternyata danau tersebut berada di bawah lapisan es tebal yang tebalnya bisa mencapai beratus-ratus meter.  Mungkin dulu banyak orang yang mengira bahwa danau yang ditutupi es tebal dalam waktu yang sangat lama tidak bisa menjadi tempat tinggal yang baik bagi makhluk hidup.

Setelah dilakukan penelitian yang cukup intensif maka ditemukan banyak hal yang mengejutkan.  Hal ini disebabkan oleh minimnya daya dukung kehidupan pada danau yang tertutup oleh lapisan es tebal sejak zaman dahulu kala.  Dengan cahaya yang sangat minim, makanan yang langka, dan lain sebagainya tentu akan membuat banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana cara makhluk hidup tersebut dapat bertahan hidup di tempat yang sangat ekstrim tersebut.

Secara logika memang kita terasa sulit untuk menerima kenyataan yang baru ditemukan tersebut.  Namun kita percaya bahwa Allah SWT dapat melakukan apa pun yang dikehendaki.  Menciptakan makhluk hidup adalah sesuatu yang sangat mudah bagiNya.  Ke depannya mungkin kita bisa lebih dikejutkan lagi dengan berbagai penemuan lain karena masih ada banyak tempat lain di bumi ini yang belum diteliti secara intensif karena letaknya atau kondisinya yang ekstrim.  Apa pun nanti, itu semua adalah bukti kehebatan dan kekuasaan Sang Ilahi yang tidak tertandingi oleh apa pun juga.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Ada Ikan dan Udang di Danau Bawah Es Tebal Kutub Selatan"

Poskan Komentar