Ketebalan Es di Greenland yang Sangat Tebal Sekali

Greenland adalah suatu pulau besar yang ada di dekat kutub utara yang selalu terselimuti oleh lapisan salju yang sangat tebal.  Ketebalan es pada pulau greenland bisa mencapai kurang lebih 3 kilometer tebalnya.  Ini artinya adalah pada pulau greenland terdapat air dalam bentuk beku yang sangat banyak sekali.  Hal ini disebabkan karena greenland adalah salah satu pulau terbesar di dunia.  Walaupun ukuran pulaunya besar namun penduduknya tidak banyak karena daerahnya terlalu dingin sehingga kurang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal bagi manusia.

Salah satu perkiraan yang dapat disimpulkan dari ketebalan es di pulau greenland adalah apabila seluruh es yang ada di pulau greenland tersebut mencair, maka ketinggian air laut akan bertambah kurang lebih 7 meter.  Salah satu penyebabnya adalah karena ternyata di tengah pulau greenland ternyata adalah ngarai yang sangat besar.  Dasar ngarai tersebut berada kurang lebih 200 meter di bawah permukaan air laut sehingga berarti jumlah es yang ada di pulau greenland lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Jika air laut naik secara signifikan maka itu artinya adalah bencana tingkat internasional.  Dengan naiknya air laut secara masif maka akan ada banyak pulau-pulau rendah yang tenggelam di bawah permukaan air laut.  Selain pulau kecil yang rendah, pulau yang sudah ada pun akan berkurang ukurannya karena daerah yang rendah akan diisi oleh air laut.  Dengan begitu akan ada banyak orang yang kehilangan rumah dan tanahnya karena tenggelam di bawah laut.  Oleh sebab itu maka kita harus mulai bertindak untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Ketebalan Es di Greenland yang Sangat Tebal Sekali"

Posting Komentar