Terbaru :
Home » , , , » Daftar Nama Bahan Makanan Pokok Dunia dan di Indonesia Untuk Manusia

Daftar Nama Bahan Makanan Pokok Dunia dan di Indonesia Untuk Manusia

Oleh godam64 pada 11 April 2012 | 00:27

Makanan pokok adalah makanan utama yang dikonsumsi secara terus-menerus sebagai suatu kebiasaan turun-temurun serta mampu mempengaruhi psikis konsumennya, yaitu seperti merasa ada yang kurang jika belum makan makanan pokok yang biasa dimakannya. Makanan pokok atau steple food beragam antara daerah yang satu dengan yang lain yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Di indonesia mayoritas masyarakatnya menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Sulitnya mencapat swasembada beras membuat pemerintah harus mengimpor beras dari luar negeri. Pemerintah pun juga kesulitan untuk mengubah makanan pokok rakyat indonesia karena masyarakat tidak mau pindah ke makanan pokok yang lain. Tanpa adanya nasi dalam menu makanan, sebagian besar orang akan merasa belum kenyang yang sejati.

Di dunia terdapat macam-macam bahan makanan pokok manusia yang menjadi menu makanan utama. Sebagai berikut ini adalah urutan daftar 10 (sepuluh) nama bahan makanan pokok yang paling banyak dimakan/digunakan di dunia :

1. Jagung (Maize / Corn)
2. Gandum (Wheat)
3. Beras (Rice)
4. Kentang (Potatoes)
5. Singkong (Cassava)
6. Kedelai (Soybean)
7. Kentang Manis (Sweet Potatoes)
8. Sorgum (Sorghum)
9. Ubi (Yams)
10. Pisang Tanduk (Plantain)

Sumber : Wikipedia 2012

Jadi dapat kita lihat bahwa makanan pokok kita sehari-hari ternyata bukan makanan yang paling banyak dimakan orang di seluruh dunia karena masih kalah pamor dari jagung dan gandum. Beras pun juga ada bermacam-macam varietas atau jenisnya. Selain nasi kita pun kerap makan roti, kue, cemilan dan mie instan yang berbahan dasar gandum, makan sereal yang berbahan dasar jagung, makan kue serabi yang berbahan dasar singkong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Orang Indonesia tidak semuanya makan nasi karena perbedaan budaya dan hasil bumi yang beragam membuat keragaman pada bahan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Apa saja yang menjadi bahan makanan pokok orang indonesia, mari kita lihat :

- Beras (Mayoritas)
- Jagung (Madura, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan lain-lain)
- Sagu (Maluku, Papua, dan lain-lain)

Di samping itu masyarakat indonesia juga bahan makanan pokok utama lain atau bahan alternatif pengganti (substitusi) makanan pokok seperti gandum, ubi, singkong, umbi garut, talas, papeda, kentang, dan lain sebagainya. Sangat disarankan setiap orang membiasakan diri dengan bahan makanan pokok lain selain beras, jagung dan sagu agar tidak kaget ketika sedang mengalami krisis pangan nasional maupun krisis pangan global / internasional.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger