Terbaru :
Home » , , » Daftar Nama Ruangan dan Fungsi Manfaat Ruangan yang Ada di Dalam Rumah Standar

Daftar Nama Ruangan dan Fungsi Manfaat Ruangan yang Ada di Dalam Rumah Standar

Oleh godam64 pada 25 Mei 2012 | 23:25

Di dalam sebuah rumah umumnya terdapat pembagian ruangan-ruangan yang telah ditentukan fungsinya untuk menunjang kehidupan penghuninya. Rumah yang baik adalah rumah yang dibangun sesuai dengan standar kesehatan, kebutuhan, kemudahan dan estetika lengkap dengan ruangan-ruangannya yang desesuaikan dengan selera perencananya. Rumah yang hanya berbentuk satu beberapa ruangan saja tanpa fungsi bukanlah rumah yang baik.

Akibat dari keterbatasan tanah yang mengakibatkan melambungnya harga sebuah rumah, maka rumah yang ada saat ini tidak lagi hanya berbentuk rumah biasa yang terdiri atas tanah dan bangunan. Ada rumah susun yang merupakan sebuah gedung bangunan tinggi yang terdiri atas rumah-rumah yang tersusun secara vertikal ke atas agar di tanah yang sama dapat tinggal lebih dari satu keluarga di rumah-rumah yang berbeda. Sebuah unit rumah susun atau apartemen umumnya memiliki luas yang kecil sehingga ruangan yang ada lebih terbatas dan bilapun ada besarnya tidak terlalu signifikan.

Di bawah ini adalah daftar ruang-ruang yang ada di dalam suatu rumah yang normal baik di dalam maupun di luar negeri :

1. Ruang Tamu

Ruangan yang digunakan khusus untuk menerima tamu baik tamu keluarga maupun tamu non keluarga. Namun jika tamu yang datang merupakan teman dekat atau keluarga dekat biasanya bisa diterima di ruang lainnya dan dibolehkan ke ruang lainnya yang tidak bersifat pribadi. Di dalam ruang tamu umumnya terdapat set meja kursi tamu, pajangan, vas bunga, tempat majalah/koran, dan lain sebagainya.

2. Ruang Keluarga / Ruang Santai

Ruangan ini biasa digunakan para penghuni rumah untuk berkumpul dan bercengkrama. Pada umumnya dilengkapi dengan sofa yang empuk, karpet, bantal, rak televisi dan berbagai barang elektronik seperti tv, dvd atau bd player, konsol video game, radio tape/hi-fi, sound system, dan lain sebagainya.

3. Ruang Dapur

Dapur merupakan tempat untuk menyiapkan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Terdapat kompor gas, peralatan memasak, tempat mencuci piring, kitchen set, dan lain sebagainya. Ruang dapur sebaiknya memiliki sistem ventilasi atau sirkulasi udara yang baik agar asap yang dihasilkan oleh proses memasak bisa dibuang ke alam bebas dengan baik tanpa menimbulkan masalah dengan lingkungan sekitar.

4. Ruang Cuci

Ruangan mencuci dikhususkan untuk mencuci pakaian kotor baik dengan mesin cuci maupun dengan tangan (cara manual). Selain itu ruang cuci-mencuci ini juga bermanfaat untuk meletakkan alat kebersihan seperti sapu ijuk, sapu lidi, pel, ember, sabun cuci, cairan pembersih, cairan pewangi, dan lain sebagainya.

5. Ruang Kamar Mandi / WC

Ruang yang satu ini merupakan ruangan wajib yang harus dimiliki oleh sebuah rumah yang baik untuk melepaskan segala ketegangan yang terjadi akibat adanya tekanan yang ada di dalam tubuh manusia. Buang air besar (pup), buang air kecil (pipis), mandi, bersih-besih, cuci muka, cuci tangan, bilas badan, dan lain sebagainya.

6. Ruang Kamar Tidur

Kamar tidur adalah ruangan yang berfungsi untuk tidur para penghuninya dengan peralatan dan perlengkapan tidur seperti tempat tidur, bantal, guling, televisi, rak tv, lemari pakaian dan lain sebagainya. Kamar tidur juga bisa dimanfaatkan untuk tempat berganti pakaian / ganti baju karena umumnya pakaian seseorang diletakkan di kamar tidur.

7. Ruang Kerja / Belajar

Jika ada ruang berlebih maka ruang yang khusus didedikasikan untuk menunjang kegiatan kerja atau belajar bisa dibuat. Di dalamnya bisa dapat diletakkan meja kursi kerja, meja kursi belajar, rak buku, lampu belajar, komputer, laptop, peralatan kerja, dan lian sebagainya. Ruang ini pun juga bisa dijadikan ruangan hobi untuk meletakkan berbagai benda-benda koleksi hobi para penghuni rumah.

8. Ruang Gudang

Di gudang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai benda-benda yang sudah tidak digunakan lagi seperti perabot rumah tangga, pakaian, buku-buku, koran/majalah bekas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Siapkan rak-rak terbuka dan tertutup untuk meletakkan barang-barang agar tersusun rapi. Usahakan membuat gudang yang rapi agar tidak dijadikan sarang oleh hewan/binatang maupun oleh penyakit yang berbahaya bagi manusia.

9. Ruang Makan

Makanan yang telah disiapkan di dapur bisa kemudian disajikan di meja makan yang terletak di ruang makan. Di dalamnya terdapat berbagai perabot seperti set meja kursi makan, water dispenser, rak penyimpanan piring, sendok, garpu, gelas, cangkir, dan lain-lain. Dapur dan ruang makan sebaiknya jangan dipisah terlalu jauh agar memudahkan makanan yang telah siap saji untuk disajikan di ruang makan.

10. Ruang Sholat / Ibadah

Agar lebih khusyuk dalam beribadah, jika ada ruang yang tidak dipakai sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk ibadah keluarga. Untuk penghuni laki-laki diusahakan sholat wajib lima waktu di masjid secara berjamaah di awal waktu. Sedangkan di rumah digunakan untuk yang perempuan dan untuk ibadah non sholat wajib bagi yang laki-laki. Untuk keluarga yang beragama lain bisa disesuaikan menurut ajaran agamanya.

11. Ruang Taman dan Tempat Parkir Mobil/Motor

Ruangan taman dan car port biasanya ada di depan rumah yang terletak di antara pagar dan teras rumah. Taman bisa diisi dengan berbagai tanaman sesuai dengan selera penghuninya atau yang mengurusnya. Tanaman yang ditanam langsung di tanah dan tanaman yang ditanam di dalam pot bisa dikombinasikan untuk mendapatkan tampilan yang menawan. Di garasi mobil dan motor bisa diletakkan rak sepatu dan lemari khusus perkakas untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Selain di depan rumah, taman juga bisa diletakkan di belakang rumah, samping rumah atau bahkan di tengah rumah dan di atas rumah.

12. Ruang Teras

Teras rumah adalah ruangan terbuka di depan rumah yang dapat diisi dengan kursi-kursi dan meja atau tanaman-tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Teras rumah bisa difungsikan seperti layaknya ruang tamu yang tidak terlalu formal. Di teras juga bisa dijadikan tempat santai keluarga karena bisa dipergunakan untuk melihat pemandangan di luar rumah sambil menikmati kesejukan udara di sekitar rumah.

Sekian dan mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan, Terima kasih.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger