Dampak/Efek/Bahaya Minuman Keras Beralkohol Bagi Kesehatan Manusia

Minuman keras adalah minuman yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi merasa lain dari yang biasanya.  Minuman keras di indonesia biasanya disingkat dengan sebutan miras.  Biasanya minuman keras mengandung alkohol di dalamnya.  Mungkin minuman yang mengandung alkohol rendah tidak begitu besar efeknya dalam mengubah sistem kerja otak seseorang, akan tetapi lama-kelamaan bisa saja kadar alkohol akan bertambah akibat dari semakin banyak miras ringan yang dikonsumsi secara rutin maupun beralih mengkonsumsi miras yang kadar alkoholnya lebih tinggi.

Yang mengherankan adalah masih banyak orang yang memperjuangkan minuman keras agar bebas diproduksi, diperjualbelikan, didistribusikan dan dikonsumsi oleh siapa saja asalkan mampu membelinya atau mendapatkannya secara cuma-cuma.  Padahal ada begitu banyak efek negatif dari minuman keras yang secara sadar diketahui oleh hampir semua orang.  Oknum-oknum pemerintah pun terkadang turut serta membantu memuluskan aksi pengusaha miras dan pecinta miras untuk membebaskan akses minuman keras di Indonesia.

Apalagi penyebabnya kalau bukang karena uang.  Bisnis minuman keras adalah bisnis yang sangat menguntungkan.  Minuman keras dapat membuat orang menjadi kecanduan sehingga harus terus menerus mengkonsumsi minuman keras secara rutin agar tidak merasa sakit secara fisik maupun mental.  Mirip seperti rokok dan narkoba, semakin banyak yang menjadi konsumen, maka produsen miras beserta kroni-kroninya akan mendulang keuntungan yang sangat besar dari bisnis tersebut.

Jelas-jelas negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia menganut Pancasila dengan sila pertamanya yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa".  Itu berarti setiap peraturan yang berlaku harus sesuai dengan ajaran agama yang mayoritas dianut oleh masyarakat Indonesia.  Undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan presiden, peraturan daerah, peraturan gubernur, dan lain sebagainya tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama mayoritas atau mayoritas ajaran agama yang ada di negara ini.  Minuman keras jelas-jelas dilarang dalam banyak ajaran agama mayoritas di negara kita, sehingga secara otomatis segala aturan yang memperbolehkan minuman keras adalah batal demi hukum.  Karena apa?  Karena pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Beberapa Dampak Negatif, Efek Buruk, Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Manusia :

1. Orang yang minum minuman keras di luar ambang toleransi tubuh dapat merasa mabuk, mual-mual dan muntah-muntah.

2. Membuat organ lever menjadi bengkak.

3. Tubuh akan menjadi ketagihan / kecanduan minuman keras karena adanya sindrom putus alkohol.

4. Kemampuan otak menurun.

5. Penurunan kemampuan panca indera.

6. Mudah stress, depresi dan frustasi.

7. Mempercepat menopouse pada wanita.

8. Rasa nyeri maupun gangguan kesehatan lain pada saat haid atau datang bulan (pada perempuan)

9. Cacat pada janin pada ibu hamil.

10. Lebih mudah terkena stroke.

11. Pengeroposan tulang alias osteoporosis.

12. Penurunan fungsi hati yang bisa berujung pada kanker hati.

13. Kerusakan pada rongga mulut, tenggorokan dan sistem perncernaan.

14. Menyebabkan kerusakan mata atau bahkan bisa membuat mata menjadi buta permanen.

15. Sistem kekebalan tubuh menjadi tumpul sehingga mudah terjangkit penyakit berbahaya.

16. Sulit berkonsentrasi.

17. Muka atau wajah menjadi kemerah-merahan.

18. Bola mata menjadi juling.

19. Bau mulut yang sangat tidak sedap.

20.  Mendapat cedera, cacat permanen dan bahkan kematian saat sedang mabuk.

Beberapa Dampak Buruk, Efek Negatif, Bahaya dari Minuman Keras Mengandung Alkohol Lainnya :

1. Orang yang terpengaruh minuman keras dapat melukai atau bahkan membunuh orang lain tanpa sadar akibat efek samping dari minuman keras.

2. Orang yang minum minuman keras dapat hilang akal sehatnya sehingga bisa melakukan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain disekitarnya, bahkan membuat dirinya sendiri celaka besar.

3. Sebagian uang yang dimiliki (relatif besar) akan digunakan untuk membeli minuman keras karena jika tidak maka akan merasa sakit lahir dan batin.

4. Orang dekat serta anggota keluarga peminum minuman keras akan mendapatkan sesusahan dan rasa malu.

5. Orang yang mabuk Ibadah Sholatnya tidak akan diterima oleh Allah SWT.  Orang yang mabuk pun pada umumnya akan lebih mudah meninggalkan sholat dan ibadah wajib lainnya.

6. Secara tidak langsung mengajak orang lain untuk menjadi pecandu alkohol minuman keras karena sebagian keuntungan perusahaan miras langganannya akan digunakan untuk promosi minuman keras.

7. Menyesal seumur hidup karena ketika mabuk melakukan sesuatu hal yang buruk di luar kesadarannya sehingga harus mendekam di penjara untuk waktu yang sangat lama.

8. Banyak biaya, waktu dan tenaga yang terbuang percuma untuk kegiatan minum miras mulai dari proses membeli hingga menenggak minuman keras.

9. Sulit mendapatkan jodoh yang sesuai harapan karena menyandang predikat sebagai pecandu minuman keras.

10. Menerima persepsi atau pandangan negatif dari masyarakat sehingga sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di lingkungan sekitarnya.  Pecandu minuman yang mengandung alkohol (minol) akan mengalami perubahan sikap dan perilaku baik secara sadar maupun tidak sadar.

Dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu maupun yang hal-hal buruk lainnya yang belum diketemukan oleh para peneliti terkait dengan keburukan-keburukan pada minuman keras bagi manusia.  Oleh sebab itu hendaknya kita tidak sekali-kali mencoba minum minuman terlarang tersebut demi keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar kita.  Sebisa mungkin lakukanlah pencegahan peredaran miras di sekitar lingkungan kita demi terciptanya lingkungan masyarakat yang aman dan tentram.  Mudah-mudahan artikel tulisan bahaya minuman keras yang singkat ini dapat membawa kebaikan kepada kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Dampak/Efek/Bahaya Minuman Keras Beralkohol Bagi Kesehatan Manusia"

Posting Komentar