Dampak/Efek Buruk Penggandaan Uang dalam Ekonomi

Hukum dasar dari uang yang tidak disadari oleh sebagian orang adalah semakin banyak uang yang beredar di dalam suatu perekonomian maka perekonomian tersebut akan menjadi semakin tidak sehat.  Nilai uang akan semakin turun jika jumlah uang yang ada jumlahnya sangat banyak.  Jika nilai uang telah turun secara umum maka yang terjadi adalah inflasi.  Karena nilai uang turun maka harga barang-barang produk dan jasa akan semakin mahal.  Jika sudah parah maka bisa terjadi hiperinflasi.  Uang akan menjadi semakin tidak berdaya beli karena harga-harga berang menjadi sangat mahal sekali.

Di zaman sekarang yang serba canggih ini masih ada orang-orang yang percaya dengan kemampuan orang untuk menggandakan uang.  Seseorang bisa mengaku mempunyai kemampuan gaib untuk menggandakan uang dengan menunjukkan suatu trik sulap tertentu agar orang lain percaya.  Setelah korban menyerahkan uang maka cepat atau lambat maka si penipu pengganda uang tersebut akan

Jika pun seseorang berhasil menggandakan uang asli menjadi uang asli juga dalam jumlah yang berlipat ganda, maka dampak buruknya akan dapat dirasakan cepat atau pun lambat.  Uang yang jumlahnya semakin banyak dan banyak tersebut lama-lama akan menggangu perekonomian karena jumlah uang yang beredar terlampau banyak tidak sebanding dengan jumlah barang dan jasa yang diproduksi.  Pada akhirnya maka orang lain yang tidak menggandakan uanglah yang akan menjadi korban.  Mereka akan menjadi lebih miskin harta karena nilai uang atau harta yang dimilikinya berkurang secara nilai.

Oleh sebab itulah maka katakan tidak untuk praktik penggandaan uang dan pemalsuan uang.  Dampak negatif bisa muncul dari hal tersebut.  Namun lebih baik lagi jika kita lebih menggunakan alat transaksi yang bebas dari inflasi seperti koin dinar yang berbahan dasar emas dan koin dirham yang berbahan dasar perak.  Emas dan perak akan selalu terus laku dijual walaupun sudah rusak, terbakar, terbelah, hancur, dan lain sebagainya.  Berbeda dengan uang kertas dan uang logam (uang kartal) yang selama ini kita gunakan untuk alat transaksi sehari-hari.  Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap aksi penggandaan dan pemalsuan uang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Dampak/Efek Buruk Penggandaan Uang dalam Ekonomi"

Posting Komentar