Faktor Alasan Penyebab Seseorang Melakukan Kejahatan Menjadi Penjahat

Baik dan jahat adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain.  Kita sebagai manusia yang lemah memang diciptakan Tuhan terbagi atas dua golongan tersebut.  Para setan dari golongan jin dan manusia saling bahu membahu mempengaruhi orang-orang baik menjadi jahat dari awal peradaban manusia hingga hari kiamat nanti.  Orang yang melakukan perbuatan jahat belum tentu jahat.  Ada beberapa hal yang melandasi perbuatan jahat seseorang, di antaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Orang Berbuat Jahat Kepada Orang Lain :

1. Dalam Kondisi Terpaksa / Kepepet

Orang yang dalam situasi dan kondisi yang serba sulit dapat mengubah seseoang yang tadinya tidak ada keinginan berbuat jahat menjadi pelaku tindak kejahatan.  Contoh kondisi sulit yang bisa mengubah perilaku orang yaitu seperti merasa lapar yang amat sangat, sedang dalam kondisi gawat darurat untuk menyelamatkan nyawa seseorang, dalam kondisi bencana alam parah dan lain sebagainya di mana tidak ada orang lain yang datang secara sukarela memberi bantuan.

2. Adanya Kesempatan Berbuat Jahat

Ada orang-orang yang bisa berubah menjadi seorang penjahat jika muncul suatu peluang besar dalam melakukan tindak kejahatan.  Jika dihitung-hitung resiko tertangkap tangan ketika melakukan aksi kejahatan kecil, serta kecilnya peluang untuk tertangkap setelah dilakukan penyidikan dapat memperbesar dorongan seseorang untuk berbuat jahat.  Seorang penjahat kambuhan akan menjadi gelap mata ketika melihat sebuah handphone mahal tergeletak tanpa pengawasan.  Seorang penjambret dan perampok akan memiliki niat jahat ketika melihat nenek-nenek memakai banyak perhiasan mahal di tempat yang sepi.

3. Dalam Suatu Tekanan Pihak Tertentu

Seseorang yang dipaksa untuk melakukan suatu tindak kejahatan, bisa saja melakukan perbuatan jahat kepada orang lain.  Misalnya saja seseorang yang anaknya diculik penjahat bisa saja melakukan tindak kriminal sesuai yang diperintahkan oleh penjahat yang menculik anaknya.  Atau para pelajar yang harus ikut tawuran antar pelajar sekolah jika ingin diakui sebagai teman yang setiakawan oleh teman-teman jahatnya.  Biasanya orang yang berbuat jahat karena alasan ini merasa tekanan batin dan ingin menolak berbuat jahat pada orang lain.  Pelaku kejahatan yang satu ini kemungkinan gagal dalam melakukan aksi kejahatan bisa cukup besar.

4. Sudah Sifat Dasar Seseorang

Seseorang yang sudah memiliki sifat dasar yang jahat biasanya akan selalu berbuat jahat kapan dan di mana pun ia berada.  Orang yang seperti ini biasanya sangat tidak nyaman menjadi orang baik-baik.  Para penjahat ini akan lebih suka berteman dengan orang-orang yang sama-sama jahat walaupun ada kemungkinan besar teman-temannya akan mencelakakan dirinya suatu saat nanti.  Meskipun orang ini diberi hukuman penjara, tetap saja orang ini akan melanjutkan aksi jahatnya setelah keluar dari penjara.  Orang semacam ini memang sulit untuk dibina untuk menjadi orang yang baik dan dapat berbaur dalam masyarakat.

Kita sebagai orang yang baik harus bisa membedakan tabiat jahat seseorang.  Orang yang melakukan perbuatan jahat belum tentu hatinya jahat.  Orang yang memiliki penampilan yang sangar belum tentu berhati jahat, dan sebaliknya orang yang berpenampilan baik, rapi, cakep dan sopan belum tentu mempunyai hati yang baik dan bisa saja berbuat jahat di luar dugaan kita.  Mari kita selalu waspada terhadap para penjahat yang bisa melakukan aksi bejatnya kepada kita dan orang-orang yang kita sayangi.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Alasan Penyebab Seseorang Melakukan Kejahatan Menjadi Penjahat"

Posting Komentar