Tips Cara Mengatasi / Menghilangkan Stress Sekolah dan Kuliah

Anak-anak dan remaja adalah orang-orang muda yang belum jelas masa depannya.  Di dalam ketidak jelasan itulah banyak di antara mereka yang mengalami stress dan depresi saat menuntut ilmu di sekolah dan di kampus.  Banyaknya materi pelajaran yang harus dipelajari oleh para siswa dalam waktu yang singkat, serta banyaknya masalah yang harus dihadapi para pelajar dan mahasiswa membuat mereka mudah terserang penyakit-penyakit mental (psikis).  Oleh sebab itu diperlukan adanya berbagai upaya pencegahan dan pengobatan pada anak-anak dan remaja yang mengalaminya.

Beberapa Cara Menghilangkan / Mengatasi Rasa Stres dan Depresi Sekolah / Kuliah :

1. Hilangkan Rasa Takut Tidak Lulus

Ketidaklulusan adalah kegagalan yang tertunda.  Jangan memaksakan diri untuk lulus sekolah dan kuliah jika kemampuan kita berada di bawah rata-rata dibandingkan dengan teman-teman sepantaran yang lainnya.  Jika tidak lulus sekolah, masih ada program kejar paket yang bisa diambil untuk mendapatkan ijazah dengan cara yang mungkin lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan sekolah biasa.  Masih ada banyak cara untuk bisa lulus tanpa harus belajar ulang selama setahun penuh di kelas yang sama.  Dengan menghilangkan rasa takut akan ketidaklulusan pada diri kita, maka kita akan dapat lebih menikmati proses belajar dan mengajar di sekolah atau di kampus.

2. Cari Keahlian, Bukan Nilai

Dengan memiliki banyak keahlian dan keterampilan, maka kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri kita sendiri maupun untuk orang lain.  Sedangkan jika kita hanya berfokus pada kemampuan menjawab soal-soal ujian, maka keahlian yang kita dapatkan belum tentu dapat kita gunakan dalam dunia kerja.  Mulailah membuka mata, lebih penting mana antara keahlian kerja dengan keahlian memecahkan pertanyaan soal-soal ujian?  Mulai gali berbagai keahlian dan ketrampilan sesuai dengan bakat dan minat kita.  Namun tetap jangan melupakan kemampuan menjawab soal karena saat ini masih banyak perusahaan dan instansi yang sangat menghormati nilai-nilai ijazah.  Dengan memiliki berbagai keahlian maupun ketrampilan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan maka akan membuat diri kita percaya diri dan siap bersaing dalam dunia kerja selepas lulus nanti.

3. Tujuan Hidup adalah Ibadah

Jika kita mampu menjadi insan yang beriman dan bertakwa sepenuhnya kepada Allah SWT maka kita bisa mendapatkan surga.  Namun jika kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk belajar demi mencari ilmu dan nilai sehingga lupa beribadah secara rutin, maka mungkin saja kita akan masuk neraka.  Beribadahlah sesuai dengan peintahNya dan jauhilah apa-apa yang dilarangNya.  Dengan begitu maka kita akan menemukan kedamaian dan ketentraman hidup walaupun berbagai hambatan dan rintangan terus-menerus datang silih berganti dalam kehidupan kita.  Dekatkan diri kita kepadaNya dan mintalah kepadaNya apa yang kita inginkan.  Namun jangan lupa untuk selalu berusaha sekuat tenaga dalam rangka mewujudkan cita-cita kita.

4. Katakan Tidak Pada Pacaran

Menikah muda adalah hal yang jauh lebih baik daripada pacaran, karena pacaran akan terlalu banyak menyita konsentrasi kita selama belajar di sekolah atau di kampus.  Ada begitu banyak hal buruk dari kegiatan berpacaran di usia sekolah.  Oleh karena itu hindarilah pacar-pacaran agar tidak terkena oleh dampat buruk yang dapat ditimbulkannya.

5. Mulai Belajar Mencari Uang

Kita sekolah dan kuliah tidak lain dan tidak bukan adalah agar kita bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang relatif besar setelah kita dewasa nanti.  Jadi tidak ada salahnya jika mencari uang menjadi sampingan utama kita di samping aktivitas belajar sehari-hari di sekolah atau di kampus.  Kurikulum pendidikan kita memang mengarahkan kita semua untuk menjadi karyawan yang baik.  Oleh sebab itu sangatlah wajar jika kita tidak diajarkan cara untuk berdagang atau berwirausaha.  Itulah sebabnya kenapa kita harus belajar sedini mungkin untuk wirausaha baik sendiri, bersama keluarga maupun bersama teman-teman kita.  Dengan adanya penghasilan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan membuat kita lebih percaya diri dan lebih tenang dalam melaksanakan proses belajar di sekolah / kampus.

6. Menjadi Orang yang Baik

Di setiap sekolah biasanya ada teman yang baik dan teman yang tidak baik.  Jadilah orang yang baik walaupun akan mendapatkan ejekan dari teman-teman yang tidak baik dan teman-teman yang setengah baik.  Tinggalkan segala perbuatan buruk yang biasanya dilakukan oleh anak-anak badung dan anak-anak gaul seperti tawuran, merokok, narkoba, clubbing, nongkrong, pamer harta, pamer kecantikan / ketampanan, membolos, melawan guru, maksiat, dan lain sebagainya.  Dengan menahan diri untuk ikut-ikutan berbagai hal yang rasanya nikmat namun memiliki resiko yang dapat merusak masa depan, maka kita akan mendapatkan manfaatnya di masa depan.  Menjadi orang baik-baik saat sekolah dan kuliah akan meningkatkan konsentrasi belajar kita tanpa merasa minder akibat pandangan negatif teman-teman yang tidak baik.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengentaskan rasa depresi dan stres kita ketika kita sekolah atau pun kuliah.  Mudah-mudahan dapat membantu teman-teman yang membutuhkannya.  Jika ada teman yang kira-kira butuh informasi ini, maka sampaikanlah informasi ini kepadanya.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

1 Komentar Pada "Tips Cara Mengatasi / Menghilangkan Stress Sekolah dan Kuliah"