Faktor Penyebab Domain Expire / Kadaluarsa Diambil Alih Orang Lain

Dunia internet terkait erat dengan dunia domain.  Domain adalah suatu tata cara penamaan alamat situs web yang ada di internet.  Tadinya penamaan internet menggunakan kombinasi angka-angka dan titik yang sulit untuk dihapal maupun untuk ditulis ketika ingin mengakses suatu situs web.  Pada dasarnya alamat website menggunakan ip address, namun karena penggunaanya yang mempersulit para pengguna internet, maka dibuatlah sistem penamaan alamat internet seperti yang ada pada saat ini dengan menggunakan domain.

Walaupun domain internet seperti .com, .net, .org, .info, .co.uk, .web.id, dan lain sebagainya ditawarkan kepada kita dengan sistem pembelian, namun pada hakikatnya domain internet adalah disewakan.  Tidak ada orang yang bisa membeli nama domain internet untuk selamanya, karena setiap tahun harus semua pemilik domain harus melakukan pendaftaran ulang dengan biaya yang kurang lebih sama seperti ketika melakukan pendaftaran awal.  Jika tidak ingin melakukan proses daftar ulang setiap tahun, maka pemilik domain harus melakukan daftar ulang untuk beberapa tahun ke depan dengan biaya yang sudah tentu beberapa kali lipat pula.

Di internet kita pasti sering menjumpai blog atau situs web yang tadinya ada dan aktif dapat diakses oleh semua orang tiba-tiba hilang tidak bisa diakses atau berubah tampilan secara signifikan menjadi sesuatu yang sangat berbeda seperti yang sebelumnya.  Biasanya hal tersebut dikarenakan domain yang dipakai sebagai alamat url website tersebut telah kadaluarsa sehingga orang lain dapat mengambil alih nama domain tersebut.  Perubahan tampilan yang signifikan juga bisa jadi karena ada masalah dengan pihak web hosting yang digunakan oleh pemilik domain tersebut.

Alasan Penyebab Sebuah Domain Menjadi Expired atau Kadaluarsa Berubah Menjadi Situs Web Lain :

1. Pemilik Lupa Melakukan Pendaftaran Ulang dan Membayar Biayanya
2. Pemilik Tidak Mampu Melakukan Pendaftaran Ulang serta Membayar Biayanya
3. Pemilik Domain Meninggal Dunia Tanpa Adanya Pihak Penerus yang Mengurus Domain
4. Pihak yang Melayani Perpanjangan Domain Gagal Melakukan Perpanjangan Domain
5. Domain di Ambil Alih Paksa Oleh Penjahat Cyber untuk Dibuat Menjadi Kadaluarsa
6. Pemilik Tidak Bersedia Memperpanjang Masa Aktif Domain Miliknya
7. Pihak yang Menjadi Tempat Perpanjangan Domain Memblokir Akses Pemilik Domain
8. Nama Domain Sengketa Dimenangkan Pihak Penggugat Sehingga Dilepas Pemiliknya
9. Pemilik Melakukan Pelanggaran Sehingga Aksesnya Ke Domainnya Diblokir
10. Pemilik Sengaja Menghilangkan Domainnya Dengan Berbagai Alasan

Dari berbagai hal penyebab di atas, memang habisnya masa aktif suatu domain di internet adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari untuk pengguna internet perorangan atau kelompok yang tidak profesional.  Jika kita ingin website atau blog kita tetap hidup terus menerus dalam jangka waktu yang sangat lama maka sebaiknya kita menggunakan layanan website gratisan atau blog gratisan yang dikelola secara profesional oleh ahlinya sehingga layanan tersebut akan bertahan terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang.  Selain itu kita juga dapat membentuk perusahaan atau organisasi yang profesional dalam mengelola website sehingga ketika kita meninggal dunia nanti, masih ada pihak-pihak yang melanjutkan mengurus nama domain dan hosting dari suatu blog atau website.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Domain Expire / Kadaluarsa Diambil Alih Orang Lain"

Posting Komentar