Faktor Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh orang-orang pada jaman sekarang ini. Masalah sakit punggung ini sangat mengganggu terutama bagi anda yang aktif bekerja.  Hal tersebut tentu akan sangat membuat anda tersiksa karena harus menahan rasa sakit ketika memaksakan diri untuk beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit punggung dan cara mengatasinya.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Sakit Punggung dan Cara Mengatasi Sakit Punggung :

1. Faktor Usia / Umur

Usia juga menjadi salah satu penyebab dari rasa sakit di punggung yang teramat sangat. Orang dengan usia yang sudah tua biasanya akan mengalami kekurangan nutrisi seperti kalsium dan vitamin yang akan menyebabkan rasa sakit pada tulang punggung dan bahu. Cara mengatasinya dengan cara berolahraga secara teratur setiap pagi dan berusaha memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh sejak masih muda.

2. Cedera dan Trauma

Penyebab utama dari nyeri punggung atas dan bahu biasanya disebabkan oleh cedera struktural tulang atau ligamen bahu. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit punggung yang benar-benar menyakitkan.  Biasanya cedera dan trauma yang menyebabkan sakit punggung terjadi karena jatuh, tabrakan, terpental, melakukan gerakan yang tidak lazim, dan lain sebagainya.  Jika hal ini terjadi pada diri anda maka sebaiknya kunjungi dokter fisioterapi untuk mendapatkan pengobatan yang lebih spesifik.

3. Kebiasaan Duduk yang Salah

Dewasa ini orang-orang lebih banyak bekerja dengan duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa melakukan peregangan otot sedikit pun.  Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada punggung yang teramat sangat pada orang-orang tertentu.  Anda bisa mencoba mengatasi sakit punggung yang anda derita dengan cara melakukan peregangan otot setiap beberapa jam sekali untuk menghindari sakit punggung dan bahu.  Tentu akan lebih baik lagi jika setiap lima belas menit atau tiga puluh menit anda melakukan aktivitas lain seperti berjalan-jalan, bermain-main, tidur-tiduran, dan lain sebagainya agar otot-otot yang kaku menjadi normal kembali.

4. Diet Tidak Sehat

Diet tidak sehat bisa menyebabkan sakit punggung karena dengan diet yang tidak sehat dan tidak seimbang anda bisa kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jika tubuh anda kekurangan nutrisi maka salah satu dampak awal yang akan anda rasakan adalah sakit pada punggung anda. Kondisi tubuh yang kurang nutrisi akan membuat otot bahu dan punggung anda melemah dan timbul sakit punggung pada tubuh anda. Cara mengatasinya cukup mudah, anda tinggal memperbaiki pola makan anda dan mengkonsumsi makanan yang mampu memberi asupan nutrisi yang banyak.

5. Masalah Jantung

Sakit pada punggung juga dapat disebabkan oleh diseksi aorta dan menyebabkan nyeri bahu yang sangat sakit pada penderitanya. Sakit pada punggung atas adalah salah satu gejala dari serangan jantung. Anda tidak boleh mengabaikan gejala ini dan patut berhati-hati jika mengalami hal seperti ini. Perbanyaklah olahraga yang dapat menyehatkan jantung untuk menghindari masalah ini.  Ubah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat agar terhindar dari efek yang lebih parah.

6. Gangguan Pernapasan

Penyakit pernapasan seperti pneumonia, radang selaput paru-paru dan infeksi pernapasan dapat memicu sakit punggung yang teramat sangat dan juga nyeri bahu. Cara mengatasinya cukup mudah, anda bisa mengobati penyakit pada organ pernapasan anda ini dan sakit punggung akan hilang dengan sendirinya.  Segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang akurat jika ingin sakit punggung anda segera berakhir dengan behagia.

----


Demikianlah beberapa cara yang bisa anda coba praktekkan untuk mengatasi sakit punggung yang mungkin sedang anda derita.  Selain itu anda juga bisa mengetahui berbagai sumber penyebab sakit punggung yang menyerang manusia. Yang bisa orang-orang lakukan adalah berusaha untuk mengobati penyakit yang dideritanya sambil berdoa, karena hanya Allah SWT yang dapat memberikan kesembuhan atas penyakit sakit punggung umat manusia.  Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih banyak.

+ baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasi Sakit Punggung"

Poskan Komentar