Gizi Wortel Matang Lebih Bagus daripada Wortel Mentah

Jika kita melakukan perbadingan antara wortel mentah dengan wortel yang sudah dimasak maka akan terlihat suatu perbedaan yang cukup signifikan.  Pada kenyataannya wortel yang sudah matang karena proses pemasakan yang baik akan mengandung zat gizi atau nutrisi yang lebih baik daripada wortel yang masih mentah karena belum dimasak.  Namun tentu saja wortel yang terlalu lama dimasak malah bisa banyak hilang gizinya karena pada dasarnya memasak sayur tidak boleh lama-lama.

Alasan penyebab dari lebih banyaknya gizi pada wortel matang dari wortel mentah adalah karena proses pemasakan yang mempengaruhi zat beta karoten pada wortel.  Jika wortel mentah dimasak dengan baik dan benar maka gizinya akan meningkat jika dikonsumsi oleh manusia.  Proses pemasakan wortel yang baik akan menyebabkan dinding sel pada beta karoten pecah.  Pecahnya dinding sel beta karoten tentu saja akan memudahkan sistem pencernaan manusia untuk menyerap gizi yang ada di dalam sel beta karoten secara maksimal.  Itulah sebabnya nutrisi wortel masak lebih baik / lebih bagus daripada kandungan nutrisi wortel mentah.

Proses pemasakan pada wortel mungkin akan berbeda efeknya pada hewan.  Hewan yang suka makan wortel pada umumnya tidak memasak wortelnya terlebih dahulu sebelum dimakan.  Bisa jadi pada binatang, wortel yang masih mentah kandungan gizinya lebih baik daripada wortel yang sudah dimasak.  Hal ini dimungkinkan karena sistem pencernaan hewan berbeda dengan manusia.  Jadi belum tentu wortel matang itu selalu lebih baik daripada wortel mentah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Gizi Wortel Matang Lebih Bagus daripada Wortel Mentah"

Poskan Komentar