Hal / Sifat yang Orang Tidak Suka dari Diri Kita

Mungkin saat ini kita tidak menyadari bahwa orang-orang di sekitar kita membenci sesuatu hal atau banyak hal yang ada pada diri kita.  Walaupun kejelekan tersebut ada pada diri kita sendiri, terkadang kita luput menyadarinya.  Keburukan tersebut malah sudah diketahui oleh banyak orang sehingga menimbulkan perasaan tidak suka atau benci pada hal buruk yang kita miliki.

Orang-orang yang tahu keburukan yang ada pada diri kita mungkin merasa sungkan atau merasa tidak enak untuk memberitahukannya kepada kita.  Apalagi jika kita punya pangkat atau kedudukan yang tinggi di dalam masyarakat tentu orang lain akan cenderung membiarkan daripada harus berurusan dengan diri kita jika kita tidak bisa menerimanya.  Selain itu juga jika kita suka emosi tinggi tentu orang akan malas memberitahukan kepada kita agar terhindar dari luapan kemarahan kita ketika merasa disindir atau dijelek-jelekkan.

Beberapa Hal / Sifat yang Orang Tidak Suka dari Diri Kita :

1. Emosi Jiwa

Mudah marah-marah adalah suatu sifat yang orang tidak suka.  Sedikit-sedikit marah tentu membuat orang malas untuk berhubungan sosial dengan diri kita.  Melakukan yang benar saja bisa kena marah apalagi jika sampai melakukan hal-hal yang tidak benar.  Tentu akan lebih runyam lagi urusannya.

2. Sifat-Sifat Buruk / Kebiasaan Jelek

Sifat-sifat yang jelek dari diri kita tentu banyak dibenci oleh orang lain di sekitar kita.  Misalnya seperti suka berbohong, suka iri hati, suka menjelek-jelekkan orang lain, suka iseng, suka mencuri, suka main kasar, suka sombong, suka pamer, suka gengsian, suka melihat orang lain celaka, gaya bicara, dan lain sebagainya.

3. Penampilan

Berpenampilanlah yang baik agar orang lain tidak antipati dengan kita.  Jika penampilan kita tidak baik tentu orang-orang akan merasa tidak asyik dengan diri kita.  Pada akhirnya hubungan baik pun bisa berjalan kurang harmonis.  Contohnya seperti berpakaian tidak pantas, penampilan wajah urakan, bau badan, lusuh, kotor, dekil, kumal, katro, dan lain sebagainya.

4. Sifat Jahat

Di dalam hati setiap manusia tentu ada bisikan jahat dari diri sendiri maupun dari setan jin yang merasuki ke dalam hati sanubari kita.  Jika hal-hal jahat tersebut dilaksanakan tentu akan menjadi masalah dengan orang lain.  Apabila kita menjadi orang yang jahat tentu orang-orang tidak akan senang pada diri kita dan cenderung ingin diri kita segera enyah dari hidup mereka.

5. Kecerobohan / Kelalaian

Suatu kecerobohan orang bisa menyebabkan orang lain terkena imbasnya.  Setiap orang tentu pernah melakukan suatu kesalahan yang tidak disengaja.  Akibat dari kesalahan tersebut tentu bisa menyebabkan orang lain jadi tidak suka pada diri kita, sehingga butuh waktu yang relatif lama untuk memulihkan hubungan baik yang selama ini telah terjalin dengan baik.

---

Itulah beberapa hal yang mungkin saat ini orang lain benci dari diri kita.  Yang perlu kita lakukan adalah melakukan introspeksi diri untuk melihat sejauh mana kita melakukan hal-hal yang tidak disenangi oleh orang lain yang ada di sekitar kita.  Orang yang ada di sekitar kita bisa keluarga, tetangga, teman, rekan kerja, dan lain sebagainya.  Jika perlu tanyakan langsung kepada orang lain apa-apa yang mereka tidak suka dari diri kita agar bisa menjadi bahan perbaikan kita di masa yang akan datang.  Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal / Sifat yang Orang Tidak Suka dari Diri Kita"

Posting Komentar