Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus / Kencing Manis Pada Manusia

Diabetes atau yang disebut dengan kencing manis memang salah satu penyakit yang serius dan bisa mengancam hidup. Biasanya diabetes diderita oleh kalangan dewasa walau sebenarnya ada beberapa kasus penderita dari golongan anak-anak juga. Kencing manis ini adalah penyakit di mana di dalam tubuh mempunyai kadar gula yang berlebihan atau terlalu tinggi dari kebutuhan kecukupan sehari. Beberapa hal yang menyebabkan terjangkit penyakit ini juga dari pola yang tidak sehat dari penderitanya. Beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan, serta gaya hidup yang berdampak terkena penyakit diabetes adalah dapat kita lihat di bawah ini.

Beberapa Hal / Kebiasaan Manusia yang Dapat Menyebabkan Penyakit Diabetes Mellitus (Kencing Manis) :

1. Kecanduang Rokok

Kandungan racun dalam rokok yang sangat banyak tentunya akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan jika hal ini sudah menjadi kebiasaan. Beberapa racun tersebut akan menghambat sirkulasi zat-zat di dalam tubuh manusia sehingga terjadi penumpukan gula yang berlebih dalam tubuh. Resiko inilah yang menimbulkan penderita terkena berbagai penyakit terutama diabetes meski resiko terkena cukup kecil ada baiknya meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat.

2. Minuman Berkarbonasi / Minuman Bersoda

Salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi adalah minuman berkarbonasi. Minuman ini banyak mengandung pemanis buatan didalamnya. Jika mengkonsumsinya berlebihan, tentunya akan menjadi tertimbun didalam tubuh dan mudah terkena penyakit, dalam beberapa uji coba yang sudah dilakukan dengan merebus air dari minuman berkarbonasi ini, minuman tersebut dengan mudahnya menjadi karamel gula, itulah sebabnya kandungan gula dari minuman berkarbonasi harus dihindari.

3. Sering Minum Minuman Terlalu Manis Mengandung Gula Tinggi

Minum teh terlalu manis, hal ini juga tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan minum minuman yang terlalu manis seperti teh akan mengganggu kesehatan dan juga penumpukan gula dalam tubuh. Dalam jangka pendek pengguna yang sering meminum minuman yang terlalu manis akan terjangkit penyakit diabetes

4. Sering Makan Makanan Berminyak

Sering mengkonsumsi gorengan, kandungan kolesterol yang tinggi dari gorengan membuat gorengan harus dihindari jika anda tidak ingin mengidap penyakit yang ditimbulkan oleh kolesterol. Kolesterol inilah yang menghalangi peredaran nutrisi keseluruh tubuh dan menimbulkan banyak terjadi penimbunan dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Jika anda tidak ingin mengidap penyakit seperti diabetes, anda layak untuk meninggalkan gorengan dan menggantinya dengan sayuran atau buah yang lebih bergizi.

5. Kurang Olahraga

Kurang olahraga, beberapa masalah kesehatan sering tumbuh karena kurangnya gerak dari anggota badan atau olah raga. Pola hidup masyarakatsekarang yang mementingkan untuk hidup dari uang dan bekerja terus menerus juga tidak baik jika tidak diimbangi dengan olahraga dan asupan yang cukup. Mulailah dengan aktifitas olahraga kecil sebelum berangkat kerja dan olahragalah waktu sore hari, itu akan membantu anda menyelesaikan masalah yang timbul dengan kesehatan.


+ baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus / Kencing Manis Pada Manusia"

Posting Komentar