Hal Yang Diinginkan Siswa Pelajar Sekolah dan Mahasiswa

Di Indonesia, umumnya sekolah dan kuliah dijalani oleh para generasi muda dengan setengah hati.  Hal ini disebabkan oleh tidak sinkronnya antara materi pelajaran yang diberikan dengan hal-hal yang diinginkan oleh para siswa atau mahasiswa.  Para muda-mudi belajar menuntut ilmu untuk sekedar mengikuti budaya yang telah ada dan juga untuk mendapatkan ijazah pendidikan yang nantinya dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.  Padahal jika dipadukan antara pendidikan dengan apa yang dimaui oleh anak-anak dan remaja, maka bukan hal yang mustahil akan menghasilkan banyak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik.

Hal-Hal yang Diinginkan Para Murid Sekolah dan Mahasiswa (Anak-Anak dan Remaja) :

1. Pekerjaan yang Layak Sesuai Kemampuan

Setiap pelajar yang bersekolah memiliki keinginan untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan dirinya.  Tentu saja pekerjaan yang dilakukan haruslah pekerjaan yang memberikan hasil yang layak yang dapat membuat dirinya dan keluarganya hidup sejahtera.  Sejak Sekolah Dasar (SD) mungkin seseorang sudah ingin bekerja dan memiliki penghasilannya sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri beserta keluarganya.  Namun akibat dari hampir tidak adanya lapangan pekerjaan untuk anak-anak yang beranjak remaja menyebabkan mereka mengubur hidup-hidup keinginan yang baik tersebut.

2. Banyak Kesempatan Main dan Menyalurkan Hobi

Para remaja dan anak-anak pada umumnya masih memiliki daya imajinasi dan keinginan untuk main dengan sesamanya yang tinggi.  Terdapat keinginan yang tinggi untuk mengeksplorasi dan mencoba berbagai hal termasuk hal-hal yang dilarang dan tidak baik untuk diri mereka sendiri.  Namun akibat kurangnya kesempatan yang diberikan maka banyak yang melakukannya di sekolah atau di luar sekitar lingkungan sekolah.  Akibatnya kegiatan belajar pun jadi kurang semangat dijalankan oleh para siswa / mahasiswa.  Ditambah lagi kondisi kegiatan belajar mengajar yang terlalu serius, berat dan menuntut banyak hal dari para peserta didik.

3. Ilmu yang Bermanfaat dan Penting untuk Masa Depan

Pelajaran yang diberikan oleh sekolah dan kampus biasanya kurang begitu berguna umtuk menyiapkan diri sebagai pribadi yang dewasa dan siap kerja.  Materi pelajaran sekolah banyak yang disampaikan dalam bentuk yang kurang menarik dan kurang tepat sehingga para siswa tidak dapat mengambil intisari ilmu secara optimal.  Ilmu-ilmu yang terlalu teori dan minimnya praktek membuat anak-anak dan remaja yang lulus kuliah seperti tidak siap bekerja.  Belum lagi kondisi lingkungan sekolah yang sangat jauh berbeda suasananya dengan kondisi di tempat kerja membuat orang yang baru bekerja harus banyak belajar sebelum bisa mengerjakan tugas kantor dengan baik.

4. Pengakuan dan Penerimaan Oleh Orang-Orang Sekitar

Para remaja biasanya ingin dianggap sebagai orang dewasa oleh orang dewasa yang ada di sekitarnya.  Secara umum para remaja memang memasuki usia dewasa karena usia mereka yang sudah mencapai 15 tahun atau sudah menunjukkan tanda-tanda kedewasaan sebelum berumur 15 tahun.  Namun penampilan fisik orang Indonesia yang awet muda dan bertubuh mungil membuat anak-anak yang telah menginjak usia dewasa tetap dianggap seperti anak-anak.  Padahal sebagian para remaja ingin hidup mandiri, mapan, bekerja tetap, berkeluarga dan bersosialisasi serta menyalurkan aspirasinya layaknya orang-orang yang telah dewasa.

5.  Hidup Mapan Mandiri dengan Keluarga Sendiri

Para siswa pelajar yang sudah memasuki usia baligh atau usia dewasa banyak yang sudah memiliki keinginan untuk hidup mapan dan mandiri.  Tentu saja mapan dan mandiri ini disertai dengan istri atau suami sebagai teman hidup dalam suka dan duka.  Mapan tentu saja didapat dari hasil bekerja dengan penghasilan yang layak.  Mandiri dengan hidup tanpa harus bergantung kepada orangtua dan keluarga.  Memiliki rumah sendiri, kendaraan sendiri, mampu memenuhi kebutuhan sendiri dan lain sebagainya.  Walaupun para remaja belum punya pengalaman hidup mandiri, namun semua hal yang diperlukan dapat dipelajari dengan cepat sambil berjalan.

Jika ada yang kurang-kurang atau salah-salah mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.  Mudah-mudahan cita-cita luhur yang kita kehendaki dapat terwujud suatu saat nanti.  Jika anda masukan atau tambahan silahkan anda gunakan fasilitas komentar yang ada di bagian bawah artikel ini.  Terima kasih atas kunjungan dan perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal Yang Diinginkan Siswa Pelajar Sekolah dan Mahasiswa"

Poskan Komentar