Hal / Faktor yang Menyebabkan Gigi Menjadi Rusak dan Jelek

Gigi adalah anggota tubuh manusia yang digunakan untuk mengunyah makanan, memotong makanan, dan mencabik-cabik makanan.  Gigi juga menjadi salah satu faktor penting sebagai penunjang penampilan seseorang.  Gigi yang sehat dapat membuat seseorang merasa bahagia karena gigi yang sakit cenderung membuat penderitanya selalu merasa sedih, murung, dan tertekan.  Oleh karena itu hindari berbagai faktor yang bisa membuat gigi kita menjadi rusak sedini mungkin.

Beberapa Hal / Faktor yang Membuat Gigi Rusak Tidak Sehat dan Tidak Bagus Lagi :

1. Minum Minuman Bersoda / Berkarbonasi dan Minuman Olahraga

Minuman bersoda yang bersifat asam dapat mengikis lapisan enamel gigi sehingga gigi dapat mudah menjadi berlubang, menjadi sensitif, dan lain sebagainya.  Selain kandungan gula pada minuman soda juga turut menyebabkan gigi menjadi berlubang.  Mirip dengan minuman bersoda di mana minuman yang didesain khusus untuk membuat tubuh cepat segar bugas setelah lelah berolahraga keras mengandung kadar asam dan juga kadar gula yang bisa merusak gigi yang masih sehat dan bagus.

2. Malas Membersihkan Sisa Makanan Pada Mulut

Orang yang malas sikat gigi pada giginya akan banyak sisa-sisa makanan yang membusuk sehingga akan mengundang bakteri jahat untuk menghancurkan gigi yang tertutup sisa makanan secara perlahan-lahan hingga akhirnya rapuh dan berlubang.

3. Menggigit Sesuatu yang Keras

Alangkah baiknya jika kita menghindari memakan sesuatu yang terlampau keras.  Misalnya saja seperti memakan permen dengan cara mengunyah, makan es batu yang keras, makan kacang-kacangan atau biji-bijian keras, makan jagung dari tongkolnya, dan lain sebagainya.  Makanan keras bisa mematahkan gigi, meretakkan gigi dan juga merontokkan lapisan enamel gigi yang sangat berharga.

4. Menggunakan Gigi untuk Pekerjaan yang Tidak Seharusnya

Janganlah menggunakan gigi sebagai alat untuk membuka sesuatu, memotong sesuatu atau merobek sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh tangan kosong.  Lebih baik gunakan alat lainnya demi kebaikan gigi.  Bisa-bisa gigi patah atau retak karena melakukan pekerjaan yang sangat berat yang tidak sepantasnya dilakukan.

5. Makan Makanan Panas dan Minum Minuman Dingin atau Sebaliknya

Hindarilah mengkonsumsi makanan dan minuman panas dan dingin pada saat yang hampir bersamaan.  Saat terkena panas gigi akan meregang, sedangkan ketika terkena dingin gigi akan mengerut.  Akibat dari mengkonsumsi panas dan dingin ekstrim pada saat yang hampir bersamaan adalah kontraksi lapisan email gigi yang dapat membuat garis retak pada lapisan email gigi.

6. Rajin Mengkonsumsi Rokok dan Kopi (Kecanduan)

Rokok mengandung zat adiktif nikotin dan kopi mengandung zat adiktif kafein.  Keduanya mengandung zat yang membuat orang-orang menjadi ketagihan atau ketergantungan sehingga tidak dapat hidup dengan nyaman tanpa mengkonsumsi zat adiktif secara rutin dalam kadar yang cukup.  Keduanya dapat membuat noda di gigi sehingga mengurangi estetika gigi.  Asap rokok mampu membuat gigi tanggal atau copot sebelum waktunya akibat penyakit pada gusi.

----

 Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan selalu menjadi perhatian kita bersama.  Dengan menjaga kesehatan dan penampilan gigi yang baik maka hidup kita akan menjadi lebih baik.  Jangan lupa untuk rajin melakukan cek up gigi di dokter gigi untuk memeriksa masalah-masalah yang mungkin dialami oleh gigi kita.  Jika merasa sakit gigi maka segeralah ke dokter gigi, bukan ahli gigi agar gigi kita dapat segera mendapatkan perawatan medis dan kembali sehat seperti sedia kala.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal / Faktor yang Menyebabkan Gigi Menjadi Rusak dan Jelek"

Poskan Komentar