Hal yang Menyebabkan Orang Sering Kencing (Buang Air Kecil)

Buang air kecil atau kencing adalah suatu aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang yang sehat.  Dalam sehari seseorang bisa beberapa kali kencing.  Salah satu fungsi pipis atau buang air kecil adalah untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh manusia.  Namun ada kalanya seseorang melakukan buang air kecil lebih sering daripada biasanya.  Ada banyak hal yang bisa membuat orang jadi sering kencing (buang air kecil) mulai dari hal yang wajar hingga yang tidak wajar (penyakit).

Faktor Penyebab Seseorang Ingin Selalu Buang Air Kecil / Pipis / Kencing / Beser :

1. Suhu Udara Dingin

Kondisi temperatur udara yang rendah bisa menyebabkan manusia sering kencing.  Berbeda halnya suhu udara yang panas yang justru bisa menyebabkan manusia lebih jarang kencing akibat dari banyaknya cairan tubuh yang tersedot keluar sebagai keringat.

2. Terlalu Banyak Minum

Minum terlalu banyak bisa membuat seseorang menjadi sering kencing (buang air kecil).  Apalagi jika ditambah lagi dengan suasana lingkungan yang dingin.  Sudah tentu akan membuat orang akan sering bolak-balik ke toilet / kamar mandi / wc.

3. Makan Makanan Tertentu

Makanan tertentu bisa menyebabkan orang menjadi sering kencing (buang air kecil) apabila dikonsumsi dengan porsi tertentu.  Contohnya yaitu seperti buang dandelion yang mengandung zat yang bisa membuat manusia menjadi sering pipis / buang air kecil.  Minum kopi dan juga minum teh pun juga menjadi penyebab seseorang jadi lebih banyak kencing akibat sifat diuretik pada kopi dan teh.

4. Buang Air Besar

Orang yang sedang pup alias buang air besar (BAB) pada umumnya akan sering buang air kecil selama beraktifitas di dalam toilet.  Ketika berada di toilet seseorang mungkin akan pipis lebih dari satu kali.  Pipis pertama sebagai pembuka dengan kuantitas yang besar dan pipis-pipis berikutnya dengan jumlah yang tidak besar.

5. Terkena Penyakit atau Gangguan Kesehatan Tertentu

Ada banyak penyakit yang bisa membuat orang sering buang air kecil.  Contohnya yaitu seperti mengalami anyang-anyangan, kencing manis / diebetes mellitus, infeksi saluran kemih, hipertrofi prostat, hiperaktifnya kandung kemih, dan lain sebagainya.

Apabila anda mengalami sering buang air kecil yang tidak wajar maka ada baiknya anda konsultasikan kepada dokter.  Jika kurang memuaskan coba lagi konsultasikan pada dokter yang lainnya.  Pilih dokter yang profesional dalam memberikan penjelasan, bukan dokter yang asal beri penjelasan umum karena mengejar waktu atau setoran.  Mudah-mudahan kita semua terhindar dari berbagai gangguan kesehatan baik saat ini maupun yang akan datang.  Kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal yang Menyebabkan Orang Sering Kencing (Buang Air Kecil) "

Poskan Komentar