Pengertian / Arti Setan, Jin dan Iblis (Makhluk Gaib)

Berikut di bawah ini merupakan berbagai penjelasan singkat mengenai Jin, Setan dan Iblis yang kesemuanya adalah makhluk halus yang tidak dapat dilihat oleh manusia.  Makhluk halus seperti jin dan malaikat merupakan tingkatan kesempurnaannya berada di bawah manusia sehingga secara umum manusia lebih baik dan lebih sempurna dari jin, setan, iblis dan malaikat.  Oleh sebab itu kita tidak boleh takut kepada iblis, setan, jin dan malaikat melebihi rasa takut kita kepada Tuhan kita Allah SWT.

Arti Jin

Jin adalah makhluk yang diciptakan Tuhan dari Api dan memiliki kemampuan untuk tidak terlihat dari pandangan manusia kecuali pada orang-orang tertentu yang diberikan izin oleh Tuhan untuk melihatnya.  Sebagian jin bisa melakukan hubungan dengan manusia dan bahkan bisa membantu manusia walaupun cenderung bertujuan untuk menyesatkan manusia yang ditolongnya.

Pengertian Jin Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
jin 1 n makhluk halus yg diciptakan dr api

Arti Setan

Setan adalah jin yang memiliki perilaku yang jahat yang dapat mengganggu dan menyesatkan pihak lain yang menjadi korbannya.  Setan tidak hanya berasal dari golongan bangsa jin saja, namun juga berasal dari golongan manusia.  Sedangkan golongan malaikat tidak ada yang menjadi setan karena semua malaikat patuh dan tunduk kepada Tuhan.

Pengertian Setan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
setan /se·tan/ /s├ętan/ n 1 roh jahat (yg selalu menggoda manusia supaya berlaku jahat); 2 cak kata untuk menyatakan kemarahan; sumpah serapah: -- kau, enyah dr sini; 3 ki orang yg sangat buruk perangainya (suka mengadu domba dsb): pikiran -- nya bangkit;

Contoh Setan Jin :
- Pocong
- Kuntilanak
- Tuyul
- Genderuwo
- Wewe Gombel

Contoh Setan Manusia :
- Orang yang suka mengganggu orang yang mau sholat
- Orang yang senang memprovokasi orang lain
- Orang yang gemar berbuat onar dan keributan
- Orang yang hobi berbuat tindak kriminalitas
- Orang yang inginnya selalu melakukan maksiat

Arti Iblis

Iblis adalah makhluk ciptaan Tuhan yang berasal dari golongan jin.  Iblis adalah makhluk yang melakukan pembangkangan secara terang-terangan kepada Tuhannya ketika diperintahkan untuk sujud kepada manusia pertama yang diciptakan Tuhan.  Iblis bersama setan telah mendapatkan mandat dari Tuhan untuk menyesatkan manusia yang tidak beriman agar bisa dihukum bersama-sama di akhirat nanti.  Iblis punya keunggulan bisa hidup hingga hari kiamat atau hari kebangkitan, sedangkan setan dan jin baik belum tentu punya kemampuan seperti itu.

Pengertian Iblis Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
iblis /ib·lis/ n makhluk halus yg selalu berupaya menyesatkan manusia dr petunjuk Tuhan; roh jahat; setan: digoda --; ia kemasukan --

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pengertian / Arti Setan, Jin dan Iblis (Makhluk Gaib)"

Poskan Komentar