Makhluk yang Paling Berani di Dunia dan Akhirat

Di masa lalu sebelum manusia diciptakan semua makhluk dalam keadaan taat kepada Tuhan.  Terutama makhluk yang memang berhubungan langsung dengan Tuhan sehingga mengetahui benar bahwa dirinya hanyalah makhluk ciptaan yang lemah dan hina di hadapan Tuhannya.  Apapun yang diperintahkan oleh Tuhan pasti akan berusaha dijalankan dengan sebaik-baiknya karena memang sudah mengetahui pasti sanksi apa saja yang akan diterima jika melanggar perintah Tuhan.

Keadaan mulai berubah ketika Tuhan menciptakan makhluk baru yang lebih spesial dari makhluk yang sudah ada.  Makhluk itu bernama Manusia.  Tuhan menciptakan manusia pertama yang bernama Adam dan manusia yang kedua bernama Hawa.  Pada awalnya keadaan waktu itu biasa-biasa saja, namun ketika makhluk hidup senior yang diciptakan lebih dahulu diperintahkan untuk sujud kepada Adam terjadilah kekacauan.

Ketika diperintahkan untuk sujud, para malaikat pun semuanya sujud, namun ketika bangsa jin turut diperintahkan sujud maka ada yang membangkang tidak mau sujud.  Jin yang tidak mau sujud adalah Iblis.  Iblis sangat berani tidak menjalankan perintah Tuhannya dan malah berniat jahat untuk menghancurkan hidup manusia baik di dunia dan di akhirat.  Iblis mengemukakan alasannya dan juga meminta kekuatan khusus dari Tuhan (hidup abadi, akses ke dimensi dunia manusia, menyesatkan orang yang tidak beriman, dll) untuk memuluskan niat jahatnya.  Tuhan pun setuju dan perang kita dengan iblis pun dimulai hingga hari kiamat.

Iblis Adalah Makhluk yang Paling Berani

Mengapa iblis kita sebut sebagai makhluk yang paling berani di antara makhluk lainnya.  Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena iblis sangat berani menerima resiko menderita selama-lamanya karena membangkang perintah Tuhan.  Iblis sadar betul bahwa ia berhadapan dengan Tuhan yang sangat ditakuti, namun tetap berani membantah hanya karena tidak setuju atas perintah Tuhannya.  Berbeda dengan sebagian manusia dan jin yang tidak pernah berhubungan langsung dengan Tuhan di mana keberaniannya terhadap Tuhan hanya sesaat di dunia saja, namun di akhirat akan menyesali perbuatannya dan meminta dikembalikan lagi hidup di dunia untuk mencari Ridho Tuhannya.

Dasar Dalil Iblis Sebagai Makhluk yang Paling Berani Di Seluruh Dunia dan Akherat

 Terjemahan Al-Quran QS. Al-Kahfi ayat 46 :

“Ingatlah ketika Kami berkata kepada para Malaikat, ‘Sujudlah kalian kepada Adam!’ maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah.”

“Iblis itu dari golongan jin, dan dia membangkang terhadap perintah Rab-nya. Akankah kalian menjadikan dia dan keturunannya sebagai kekasih selain Aku, padahal mereka adalah musuh bagi kalian…”

Dari firman Allah SWT di atas dapat kita simpulkan bahwa iblis beserta komplotannya yang kita sebut sebagai setan dari golongan jin adalah musuh yang nyata bagi kita.  Saat ini jin yang jahat (setan dari bangsa jin) sudah beranak pinak dengan jumlah yang sangat banyak sehingga setiap manusia saja ada jin pendamping pribadi yang siap menemani ke mana pun manusia pergi.  Belum lagi ditambah dengan setan jin lainnya sebagai bonus baik diminta maupun tidak diminta oleh si manusia tersebut.

Itulah sebabnya kita harus waspada dalam kehidupan kita sehari-hari.  Jangan sampai kita lebih takut kepada setan daripada takut kepada Tuhan kita Allah SWT.  Jangan mudah percaya dengan film dan juga cerita-cerita seram yang berhubungan dengan makhluk halus alias makhluk gaib.  Karena jika kita beriman dan takwa kepada Allah SWT maka setan pun takut kepada kita.  Jika mendapatkan celaka dan bencana dari setan pun itu semata-mata atas izin Allah SWT untuk menguji keimanan kita.  Semoga memberi manfaat pada kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makhluk yang Paling Berani di Dunia dan Akhirat"

Posting Komentar