Islam Melarang Kita Mencari-Cari Kesalahan, Aib dan Rahasia Orang Lain

Pada zaman yang serba terbuka seperti sekarang ini sering kita melihat di media massa aib seseorang dibuka paksa dan disebarluaskan ke masyarakat luas demi mendapatkan uang. Lihat saja acara infotainment, acara bincang-bincang, acara debat, dan lain sebagainya di televisi banyak yang mengupas aib orang agar diketahui banyak orang, padahal orang yang dibicarakan belum tentu senang dengan perbuatan tersebut. Makna kebebasan pers telah disalahgunakan untuk berbagai kepentingan.

Kutipan Terjemahan Arti Surat Al-Hujurat Ayat 12 :
"Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain....."

Menyelidiki keburukan orang lain, cari tahu rahasia yang tidak ingin diketahui milik orang lain, mendengarkan pembicaraan rahasia orang lain, mengintip aurat orang lain dan lain sebagainya sangat dilarang oleh Allah SWT terutama kepada sesama saudara seiman dan seagama. Mungkin hukumnya berbeda jika rahasia tersebut mengancam Agama Islam. Allah SWT memberikan ancaman yang serius kepada pelaku pencari keburukan orang lain dengan menuang cairan timah panas ke telinganya.

Terjemahan Hadits Nabi Muhammad SAW :
"Barangsiapa yang mendengarkan (menyelidiki rahasia) pembicaraan suatu golongan padahal tidak suka rahasia tersebut didengarkan orang, maka orang yang menyelidiki pembicaraan itu nanti pada hari kiamat telinganya akan dituangi cairan timah".

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Islam Melarang Kita Mencari-Cari Kesalahan, Aib dan Rahasia Orang Lain"

Posting Komentar