Jangan Suka Berbuat Iseng Jika Tidak Mau Dibalas Diisengi Orang Lain

Salah satu hukum alam yang berlaku dalam kehidupan sosial masyarakat di Indonesia adalah orang iseng cenderung akan mendapatkan balasan keisengan dari orang lain.  Orang yang iseng biasanya adalah orang yang suka bercanda pada orang lain.  Perbuatan iseng akan menimbulkan perasaan kesal, benci dan dendam pada orang yang diisengi.  Jika ada kesempatan yang baik maka orang yang dulunya pernah menjadi korban keisengan akan mencoba untuk membalas perbuatan iseng pelakunya.

Mengisengi orang adalah perbuatan yang tidak baik.  Selain tidak ada gunanya, mengisengi orang lain bisa merusak hubungan baik antara orang yang melakukannya dengan orang yang menjadi korban tindak keisengan.  Jika korban perbuatan iseng tidak terima atas perlakuan iseng orang yang berbuat iseng, maka bisa terjadi perselisihan dan bahkan bisa menyebabkan perkelahian yang berujung pada pembunuhan.  Bisa saja orang yang menjadi korban membalas tindakan iseng pelaku perbuatan iseng dengan balasan yang lebih menyakitkan atau lebih parah.

Karena iseng bisa beranak pinak menjadi keisengan-keisengan yang lain, maka dari itu sebaiknya kita menjauhi perbuatan iseng kepada orang lain.  Lebih baik berbuat iseng pada diri sendiri daripada berbuat iseng kepada orang lain.  Jika kelakuan iseng membawa perasaan senang, maka bisa jadi pelaku menjadi ketagihan untuk mengisengi orang lain.  Berawal dari satu orang akhirnya menjadi iseng kepada banyak orang.  Akhirnya orang-orang pun bisa memberikan julukan tukang iseng kepada orang yang suka iseng.  Sebuah julukan yang memalukan bagi orang-orang baik dan orang sholeh.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jangan Suka Berbuat Iseng Jika Tidak Mau Dibalas Diisengi Orang Lain"

Poskan Komentar