Jika Tidak Dapat Berbicara Baik, Lebih Baik Diam

Orang yang baik dapat dilihat dari cara berbicaranya.  Orang yang memiliki cara berbicara yang baik akan lebih dihormati dan dihargai oleh orang lain daripada orang yang cara berbicaranya tidak baik.  Di dalam kehidupan kita sehari-hari, berbicara yang baik adalah sesuatu hal yang sangat penting demi kebaikan diri kita sendiri maupun kebaikan orang lain.  Jika tidak bisa menjaga lisan kita dengan baik maka diam akan menjadi hal yang sangat baik bagi kita dan hanya berbicara seperlunya jika diperlukan.

Selain cara bicara, ada banyak hal yang turut menjadi standar penilaian terhadap diri seseorang seperti sikap perilaku, penampilan diri, intonasi, logat, mimik wajah, bahasa tubuh, dan lain sebagainya.  Jika ingin menjadi orang yang dinilai baik orang lain maka kita harus belajar melakukan hal-hal baik dan mempraktekannya dalam kehidupan sosial sehari-hari.  Menjadi orang yang dinilai baik orang lain tentu saja banyak keuntungannya daripada kerugiannya baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Contoh Bicara yang Tidak Baik atau Tidak Terpuji yang Harus Ditinggalkan :

1. Membicarakan kejelekan orang lain

2. Membeberkan rahasia orang lain

3. Menceritakan kebohongan / bualan

4. Memfitnah atau mengadu domba orang lain

5. Memprovokasi orang agar menjadi marah

6. Melakukan debat kusir yang tidak berujung pangkal

7. Berbicara dengan banyak kata-kata kotor dan caci maki

8. Menipu orang untuk keuntungan diri sendiri

9. Mengatakan janji palsu kepada orang lain

10. Berkata-kata dengan penuh emosi jiwa (amarah)

11. Bertutur kata yang terlalu bertele-tele

12. Bicara dengan nada tinggi yang mengganggu ketenangan orang lain

Jika pada saat ini kita merasa bahwa diri kita masih memiliki cara berbicara yang kurang baik, maka segeralah kita perbaiki sesegera mungkin.  Jika ada waktu cobalah untuk melakukan introspeksi diri kita sendiri.  Bisa juga dengan mencari tahu melalui pendapat orang lain mengenai diri kita apakah masih ada yang perlu diperbaiki atau tidak.  Mudah-mudahan diri kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari saat ini dan mendapatkan berbagai kebaikan baik di dunia maupun di akhirat.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jika Tidak Dapat Berbicara Baik, Lebih Baik Diam"

Poskan Komentar