Jumlah Air Bersih di Planet Bumi / Dunia itu Sangat Sedikit Sekali

Air bersih yang bisa diminum tanpa melalui pengolahan air yang rumit ternyata jumlahnya itu sangat sedikit sekali jika dibandingkan dengan air yang perlu diolah secara intensif sebelum diminum manusia.  Hal ini memang sangat terlihat jelas karena air laut yang merupakan sumber air yang terbesar di dunia ini tidak termasuk ke dalam golongan air bersih bagi manusia.  Butuh pengolahan lebih lanjut sebelum air laut yang asin berkadar garam tinggi tersebut bisa diminum orang.

Jumlah air laut di planet bumi kita tercinta ini kurang lebih sebanyak 97% dari total keseluruhan air yang ada.  Sisanya sebanyak 2% adalah air yang berada di tempat-tempat sangat dingin sehingga air berubah bentuk menjadi es atau gletser.  Sedangkan sisanya kurang lebih sekitar 1% saja yang merupakan air bersih yang menjadi sumber kehidupan bagi manusia, binatang / hewan, tumbuh-tumbuhan / tanaman dan makhluk hidup lainnya.

Beberapa contoh sumber air bersih yang ada di sekitar lingkungan kita adalah seperti air tanah, air sungai / air kali, air danau / air telaga, air rawa-rawa, air embun, air hujan, air sawah, air empang, dan lain sebagainya.  Setelah kita mengetahui seberapa banyak air bersih yang saat ini tersedia di dunia ini maka hendaknya kita selalu bijaksana dalam menggunakan air.  Air bersih merupakan sumber daya alam terbatas yang bisa tinggal sedikit sekali jumlahnya jika penggunaannya tidak bijaksana.  Marilah kita berhemat air bersih serta tidak mencemari air bersih yang sudah ada demi kelangsungan hidup makhuk hidup di dunia ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jumlah Air Bersih di Planet Bumi / Dunia itu Sangat Sedikit Sekali"

Poskan Komentar