Kegiatan/Aktivitas yang Dilakukan Orang pada Malam Tahun Baru Masehi

Malam tahun baru adalah malam yang penuh dengan kecerian bagi orang-orang yang merayakannya.  Berbagai hal yang menyenangkan dilakukan pada saat-saat pergantian tahun tersebut dengan banyak orang di tempat-tempat yang ramai.  Pada malam tahun baru banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menghibur dirinya beserta keluarga atau teman-temannya.  Ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh banyak orang pada malam tahun baru dari mulai hal-hal yang wajar hingga sesuatu yang tidak wajar.

Berikut di Bawah ini adalah Berbagai Hal yang Khas Dilakukan Orang pada Malam Tahun Baru :

1. Jalan-jalan ke tempat keramaian, pusat belanja, tempat wisata atau tempat hiburan

2. Menyalakan petasan atau kembang api pemeriah suasana

3. Meniup terompet dan membunyikan bunyi-bunyian lain

4. Melakukan pawai beramai-ramai di jalan raya yang ramai

5. Membuat pesta makan-makan atau sekedar kumpul-kumpul saja

6. Membuat api unggun dan bakar ayam, bakar ikan, bakar jagung, dan lain-lain

7. Melihat kembang api dan petasan yang dimainkan orang lain

8. Nonton televisi di rumah acara malam tahun baru dan film-film spesial

9. Beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan untuk meminta kebaikan di tahun baru

10. Tidak melakukan sesuatu yang spesial karena tidak merayakan malam pergantian tahun

Bagi orang-orang yang memiliki banyak uang, ada banyak pilihan acara yang bisa dilakukan.  Tidak hanya sekedar menikmati acara saja, namun juga bisa menjadi penyelenggara acara pergantian tahun.  Untuk orang yang memiliki uang yang pas-pasan biasanya lebih memilih kegiatan-kegaitan yang tidak mengeluarkan banyak uang.  Sedangkan bagi yang tidak punya uang biasanya nebeng dengan temannya atau keluarganya.  Bagi yang tidak suka dengan keramaian akam memilih tetap di rumah atau di rumah famili untuk melihat acara malam tahun baru di televisi dan melihat orang bermain kembang api atau petasan yang terlihat dari rumah di tempatnya berada.

Bagi sebagian orang malam tahun baru bukanlah hal yang spesial yang harus diperingati atau dirayakan dengan sesuatu hal yang berbeda dengan malam-malam lainnya.  Pada malam tahun baru memang yang terjadi hanyalah perubahan tanggal dari tanggal 31 desember menjadi 1 januari dengan tahun yang bertambah satu.  Tahun baru memang benar-benar bukan sesuatu hal yang luar biasa yang setara dengan hari raya atau hari peringatan lainnya, seperti hari raya idul fitri yang merupakan hari kemenangan bagi orang-orang yang bertakwa dan hari kemerdekaan yang merupakan peringatan dari merdekanya bangsa ini dari penjajahan konvensional.

Akan jauh lebih baik apabila dana besar yang dikeluarkan oleh orang-orang yang merayakan malam pergantian tahun baru di Indonesia yang bisa mencapai milyaran rupiah dikumpulkan dan digunakan untuk berbagai hal yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.  Contoh hal yang bisa dilakukan dari uang patungan tersebut seperti untuk memperbaiki sekolah, memperbaiki jalan raya, memperbaiki lampu lalu lintas, membuat rumah gratis untuk orang-orang tidak mampu, menggaji guru profesional untuk ditempatkan di daerah terpencil, mensubsidi bahan bakar yang dapat diperbaharui, membuat industri kreatif skala besar, dan lain sebagainya.  Yang jelas dana tersebut harus dikelola oleh yang profesional walaupun harus memanggil dari negara lain agar tidak salah sasaran.  Pesta tahun baru diubah menjadi acara silaturahmi massal yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dengan dana anggaran yang resmi dari APBD.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kegiatan/Aktivitas yang Dilakukan Orang pada Malam Tahun Baru Masehi"

Posting Komentar