Kegunaan/Fungsi/Manfaat Belajar Pelajaran Sekolah Bagi Anak-Anak

Setiap anak harus belajar menjadi pribadi yang cerdas, terampil, sehat, disiplin, baik, sopan dan soleh sejak usia dini.  Belajar adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi anak dalam rangka mempersiapkan dirinya di masa depan.  Cepat atau lambat setiap anak akan dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri di kemudian hari.  Pada umumnya, ketika sudah menjadi dewasa kelak, anak-anak akan menggantikan posisi orangtuanya sebagai pengelola rumah tangga serta mengurus orangtua yang dulu mengurus dirinya atau pasangannya.

Sayangnya ada banyak anak yang belum memahami manfaat yang bisa didapatkannya dari mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.  Oleh sebab itu perlu adanya penyampaian khusus terhadap siswa pelajar sekolah mengenai apa saja kegunaan atau fungsi dari sekolah.  Jika anak kurang memahami fungsi utama dari bersekolah, tentu si anak bisa memiliki semangat yang rendah dalam menjalankan rutinitas kegiatan menuntut ilmu sehari-harinya di sekolah.

Beberapa Kegunaan, Fungsi, Manfaat Belajar di Sekolah Bagi Anak-Anak :

1. Menambah Pengetahuan / Menambah Wawasan

Dengan belajar maka anak-anak bisa memahami banyak hal yang sebelumnya tidak diketahuinya.  Walaupun tidak dirasakan langsung, namun perlahan namun pasti, anak-anak akan mengalami pengembangan wawasan yang didapat dari berbagai pelajaran yang dipelajarinya di sekolah.  Hal ini tentu tidak didapatkan oleh anak-anak yang tidak sekolah sehingga wawasannya cenderung tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

2. Mengasah Kemampuan Otak Anak-Anak

Di sekolah biasanya anak-anak akan dipaksa untuk belajar menghapal banyak materi pelajaran sekolah.  Selain itu anak juga diajarkan untuk berpikir dengan cepat, tajam, akurat, kritis, sistematis, dan penuh perhitungan yang matang.  Terutama ketika menghadapi ujian yang memiliki sistem nilai minus jika ada jawaban yang salah.  Ketika anak dihadapkan pada ujian esay dan ujian wawancara (lisan) anak akan menjadi lebih terlatih kemampuan otaknya.

3. Belajar Menghormati dan Menghargai Guru

Anak yang menjadi siswa / siswi sekolah tentu akan dipaksa untuk patuh, tunduk dan hormat kepada guru yang mengajarnya di kelas.  Anak-anak yang tidak mampu menghormati dan menghargai guru bisa mendapatkan nilai yang rendah atau bahkan hukuman dari sekolah.  Bahkan bisa dikeluarkan dari sekolah jika memiliki perkara yang berat terhadap gurunya sendiri.

4. Membiasakan Diri Anak dengan Kompetisi

Nilai sekolah merupakan ajang pengukuran kemampuan anak yang satu dengan yang lainnya.  Ketika nilai ujian telah dihitung dan diurutkan, maka anak yang mendapatkan nilai yang bagus tentu akan mendapatkan kebanggaan tersendiri.  Sedangkan anak yang mendapat nilai jelek akan terpacu untuk belajar lebih giat agar nilainya bisa menjadi lebih baik pada ujian yang berikutnya.

5. Belajar Bersosial dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Di sekolah terdapat beragam jenis orang.  Ada yang sepantar dan juga ada yang lebih tua.  Anak-anak diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.  Di sekolah anak-anak akan berkomunikasi secara formal maupun non formal dengan orang-orang dewasa yang ada di sekolah.  Dengan demikian, anak-anak akan terbiasa melakukan interaksi sosial dengan banyak orang dari berbagai latar belakang di kehidupan nyata.

Jika ada tambahan atau komentar silahkan melakukannya melalui fitur komentar di bawah ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kegunaan/Fungsi/Manfaat Belajar Pelajaran Sekolah Bagi Anak-Anak"

Posting Komentar