Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sampai ke Planet Mars dari Bumi

Pergi ke planet lain merupakan cita-cita yang dimiliki oleh banyak orang di dunia ini.  Jika pergi ke planet yang jauh-jauh di luar tata surya kita terlalu jauh, mungkin bisa pergi berkunjung ke planet lain yang ada di tata surya kita ini terlebih dahulu.  Planet yang paling dekat dengan planet bumi saat ini adalah planet mars dan planet venus.  Walaupun keduanya adalah planet yang paling dekat dengan bumi, namun pada dasarnya jarak antara planet bumi dengan planet tetangga kita sangatlah jauh sekali.

Sejarah manusia telah mencatat bahwa misi pengiriman robot tanpa awak ke planet mars pernah terjadi dan berhasil dilakukan di masa lalu.  Robot curiosity yang bertugas mencari informasi tentang planet mars berhasil mencapai planet mars dalam waktu delapan bulan sebelas hari.  Perjalanan yang sangat lama tersebut memang wajar karena jarak antara planet bumi dengan planet mars pada waktu itu jaraknya mencapai kurang lebih 362 juta kilometer.

Jika manusia harus bersabar menunggu di dalam pesawat antariksa untuk bisa sampai ke planet mars sepertinya tidaklah mungkin.  Waktu delapan bulan adalah waktu yang sangat lama sekali bagi manusia.  Delapan bulan dihabiskan begitu saja di atas kendaraan.  Jika pulang lagi ke bumi maka lama perjalanannya menjadi dua kali lipat.  Namun jika manusia bisa menciptakan alat transportasi luar angkasa yang lebih canggih dari yang ada saat ini mungkin hal ini bisa saja memangkas waktu tempuh perjalanan di angkasa raya.  Dengan kecepatan tiga kali kecepatan cahaya, maka waktu tempuh bumi ke mars adalah kurang lebih 150 hari saja.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sampai ke Planet Mars dari Bumi"

Posting Komentar