Kegunaan, Fungsi, Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh Manusia

Saat ini ada banyak orang yang merasa takut ketika mendengar kata kolesterol.  Kolesterol seperti menjadi sesuatu hal yang berbahaya dan menakutkan yang bisa membuat seseorang menjadi menderita.  Padahal tidak demikian adanya, karena kolesterol terbagi atas dua jenis, yaitu kolesterol yang baik yakni kolesterol HDL dan kolesterol yang jahat yakni kolesterol LDL.  Selama kita menjaga apa yang kita konsumsi (makan dan minum) maka kita tidak perlu khawatir akan bahaya kolesterol.

Kolesterol pun tidak selamanya hanya membawa kerusakan, kehancuran dan penyakit pada diri manusia.  Kolesterol adalah salah satu hal penting dari tubuh manusia.  Tanpa kolesterol maka manusia bisa mengalami gangguan kesehatan dan mungkin bisa mengalami kematian.  Secara umum kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai bahan dasar dalam pembuatan unsur-unsur yang penting bagi tubuh.  Sesuatu yang dihasilkan dari kolesterol banyak yang begitu penting yang mungkin sudah sering sudah akrab di telinga kita dalam kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa Fungsi Tubuh yang Melibatkan Kolesterol dalam Tubuh Manusia :

1. Membuat Hormon
2. Membentuk Vitamin D
3. Membuat Zat-Zat Penting untuk Sistem Pencernaan

Pada dasarnya kolesterol dibentuk pada organ liver manusia.  Kebutuhan akan kolesterol pada manusia secara umum sudah bisa dicukupi tanpa harus mendapatkan asupan tambahan kolesterol dari luar tubuh.  Kolesterol dari makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia adalah kolesterol yang bersifat tambahan yang tidak begitu penting peranannya.  Karena terlalu banyak kolesterol bisa membahayakan, maka hendaknya kita selalu menjaga diri kita dari hal-hal yang bisa membuat kadar kolesterol tubuh kita melonjak yang tentunya selalu dibarengi dengan doa dan usaha dalam bentuk pelaksanaan pola hidup yang sehat yang baik dan benar secara konsekuen dan berkesinambungan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kegunaan, Fungsi, Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh Manusia"

Poskan Komentar