Makanan yang Bisa Membuat Bahagia dan Senang (Tinggi Serotonin)

Rasa senang dan rasa bahagia yang ada pada diri manusia tidak hanya bersumber dari kegiatan psikis atau kejiwaan manusia saja, seperti bahagia bertemu dengan kekasih, senang mendapatkan bonus uang, senang ditraktir teman, bahagia bertemu dengan kawan lama, dan lain sebagainya.  Perasaan bahagia dan perasaan senang bisa juga ditimbulkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang.

Oleh karena itu jika ingin selalu merasa bahagia secara alami maka makanlah dan minumlah makanan dan minuman yang dapat membuat bahagia yaitu makanan minuman yang bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.  Serotonin adalah suatu bahan kimia yang terdapat pada otak manusia yang dapat membuat perasaan seseorang berubah menjadi lebih baik atau positif, seperti bahagia, senang, puas, gembira, riang, berenergi, mengurangi rasa sedih, mengurangi rasa stress / depresi, dan lain sebagainya.

Beberapa Bahan Makanan yang Bisa Meningkatkan Kadar Serotonin :

1. Kacang-Kacangan (Karbohidrat Kompleks)
2. Beras Coklat (Karbohidrat Kompleks)
3. Mie / Pasta Gandum Utuh (Karbohidrat Kompleks)
4. Ubi Jalar (Karbohidrat Kompleks)
5. Roti Gandum Utuh (Karbohidrat Kompleks)
6. Lobak (Karbohidrat Kompleks)
7. Pisang (Tinggi Serotonin)
8. Durian / Duren (Tinggi Serotonin)
9. Daging Ayam Kalkun (Tinggi Triptofan)
10. Ikan Salmon (Tinggi Omega 3)
11. Minyak Ikan (Tinggi Omega 3)
12. Minyak Biji Rami (Tinggi Omega 3)
13. Coklat Hitam (Tinggi Resveratrol)

Beberapa Bahan Makanan yang Perlu Dihindari Agar Kadar Serotonin Tubuh Tinggi :

1. Beras Biasa (Karbohidrat Sederhana)
2. Roti Tepung Terigu (Karbohidrat Sederhana)
3. Mie / Pasta Tepung Terigu (Karbohidrat Sederhana)
4. Gula Pasir (Karbohidrat Sederhana dan Menekan Produksi Serotonin)
5. Minuman Berenergi yang Mengandung Kafein (Menekan Produksi Serotonin)
6. Minuman Mengandung Kafein (Menekan Produksi Serotonin)

Selain dari mengkonsumsi berbagai daftar contoh makanan dan minuman di atas, kita juga dapat memperbanyak jumlah serotonin di dalam tubuh kita dengan cara lainnya.  Untuk menaikkan kadar serotonin dalam tubuh bisa dilakukan dengan terapi pijat tertentu, memikirkan hal-hal yang membuat hati menjadi senang, menjaga pikiran dari stress (tekanan jiwa), selalu bersikap optimis, menjaga pola hidup sehat, menjalankan pola makan sehat, berjemur sinar matahari yang cukup, melakukan olahraga secara teratur, dan lain sebagainya.

Hindari obat-obatan kimia apalagi narkoba dan obat terlarang lainnya karena hanya akan merusak tubuh dan pikiran saja.  Selalu berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan disertai dengan sifat sabar, ikhlas, istiqomah, dan tawakal.  Selalu mengingat yang di bawah dan mengingat kematian akan memacu diri untuk berbuat kebajikan kepada semua dalam berbagai bidang kehidupan.  Dengan begitu seseorang akan bisa mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makanan yang Bisa Membuat Bahagia dan Senang (Tinggi Serotonin)"

Poskan Komentar