Kegunaan/Manfaat/Fungsi Pakaian Bagi Manusia (Orang)

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari.  Manusia membutuhkan pakaian karena pakaian menawarkan berbagai kebaikan atau manfaat kepada para pemakainya.  Pakaian yang digunakan oleh seseorang haruslah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada agar tidak menyebabkan masalah, baik pada diri sendiri maupun dengan orang lain yang berada di lingkungan sekitarnya.

Beberapa Fungsi / Kegunaan / Manfaat Pakaian (Baju) Pada Manusia (Orang) :

1. Menutupi Aurat Manusia

Pakaian yang baik adalah pakaian yang menutupi aurat seseorang.  Aurat sebisa mungkin ditutupi agar tidak menimbulkan berbagia hal yang tidak diinginkan terutama dari lawan jenis.  Aurat berhubungan dengan rasa malu pada manusia, sehingga orang yang tidak menutup auratnya dengan baik bisa dianggap sebagai orang yang tidak tahu malu oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

2. Pelindung Tubuh Manusia

Penggunaan pakaian yang baik akan mampu melindungi tubuh dari berbagai hal yang dapat memberikan pengaruh negatif pada manusia.  Contohnya seperti perlindungan tubuh dari sinar terik matahari, hujan, hawa dingin, hawa panas, debu, kotoran, dan lain sebagainya.  Tubuh yang tidak tertutupi pakaian dengan baik bisa mudah terkena penyakit dan juga lebih mudah kotor.  Tentu saja pakaian yang digunakan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan yang ada sehingga tubuh terlindungi secara maksimal.

3. Simbol Status Manusia

Dalam tingkatan strata masyarakat, pakaian bisa memperlihatkan tingkat status seseorang.  Misalnya saja dalam dunia militer pakaian jendral dibuat berbeda dengan pakaian prajurit biasa sehingga mudah untuk dikenali.  Selain dalam dunia militer, dalam lingkungan kerajaan, lingkungan pemerintahan, lingkungan adat, bahkan lingkungan masyarakat umum biasa pun juga bisa memiliki pakaian-pakaian tertentu sebagai pembeda status tingkatan manusia yang satu dengan yang lainnya.

4. Penunjuk Identitas Manusia

Manusia bisa menunjukkan eksistensi dirinya sendiri kepada orang lain melalui pakaian yang dikenakan.  Bisa lewat tulisan pada pakaian, aksesoris pakaian, model pakaian, warna, dan lain sebagainya.  Orang yang memiliki gengsi yang tinggi tentu saja akan berupaya mengenakan pakaian yang sedang trend atau populer di kalangannya walaupun harganya mahal.

5. Perhiasan Manusia

Seseorang bisa tampil lebih menarik jika mengenakan pakaian yang tepat.  Ditambah lagi dengan aksesoris pakaian dan juga ditunjang dengan perbaikan penampilan diri dapat meningkatkan daya tarik seseorang di mata orang-orang yang ada di sekitarnya.

6. Tempat Meletakkan Benda Bawaan Manusia

Kantong saku yang ada di baju manusia sangat penting fungsinya untuk menaruh berbagai barang-barang bawaan manusia.  Biasanya benda yang diletakkan di kantong pakaian, baik baju maupun celana / rok antara lain seperti handphone / ponsel, dompet, uang, kunci, dan lain-lain.

7. Membantu Kegiatan / Pekerjaan Manusia

Pekerjaan tertentu akan menjadi lebih mudah dilakukan apabila seseorang memakai pakaian khusus.  Contohnya seperti pakaian menyelam yang cocok untuk digunakan pada kegiatan diving di laut, pakaian loreng tentara yang cocok untuk memanipulasi pandangan musuh, pakaian anti api bagi para pembalap, pakaian badut untuk orang yang hendak menghibur anak-anak, dan lain sebagainya.

8. Menghilangkan Perbedaan Antar Manusia

Penggunaan baju seragam yang sama pada banyak orang bisa menguragi perbedaan di antara orang-orang tersebut.  Salah satu contoh yang paling nyata adalah penggunaan pakaian ihram (muhrim) pada orang-orang yang melaksanakan ibadah umrah atau ibadah haji di Kota Mekah.  Setiap orang akan menggunakan pakaian yang sama (laki-laki) sehingga setiap orang akan merasa sederajat, tidak ada perbedaan.  Yang menjadi pembeda adalah ketakwaannya saja terhadap Allah SWT.

----

Sebagai orang yang baik hendaknya kita memilih pakaian yang baik agar tidak menimbulkan pandangan negatif dari orang-orang yang berada di sekitarnya.  Selain itu penggunaan pakaian haruslah menyesuaikan diri dengan hukum negara yang berlaku, aturan agama yang dianut, aturan adat yang berlaku lokal, norma, nilai dan lain sebagainya.  Dengan memakai pakaian dengan baik dan benar mudah-mudahan bisa mendatangkan berbagai kebaikan pada diri kita.  Semoga bermanfaat, terima kasih banyak.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kegunaan/Manfaat/Fungsi Pakaian Bagi Manusia (Orang)"

Poskan Komentar