Kenyataan/Peristiwa/Kejadian yang Sulit Diterima Seseorang

Kejadian demi kejadian kita alami silih berganti menghiasi hidup kita yang hanya sementara ini.  Periswita yang menyenangkan dan peristiwa tidak menyenangkan datang kepada diri kita untuk menguji kita.  Peristiwa atau kejadian yang tidak diharapkan tentu bisa menjadi sesuatu yang sulit untuk diterima dengan tulus ikhlas sehingga menjadi beban pikiran bagi orang yang mengalaminya maupun orang-orang yang ada di sekitarnya yang turut terkena dampaknya.  Ada banyak hal yang menyebabkan manusia susah untuk menerima kenyataan yang telah terjadi.

Macam-Macam Contoh Kejadian / Peristiwa yang Susah untuk Diterima Kenyataannya :

1. Kematian Orang yang Dicintai / Disayangi

Contohnya seperti meninggalnya orangtua, kakak, adik, isteri, anak, cucu, kakek, nenek, orang yang dicintai, teman dekat, sahabat, dan lain sebagainya.  Kehilangan orang yang dekat dan juga penting merupakan sesuatu hal yang sangat menyedihkan.  Banyak orang yang menangis tersedu-sedu ketika ditinggal mati oleh orang yang sangat disayanginya.

2. Menjadi Korban Kejahatan

Orang yang menjadi korban tindak kriminalitas sebagian ada yang tidak rela dan sebagian ada yang mengikhlaskannya.  Mungkin untuk tindak kejahatan yang ringan mungkin rasa dongkol yang muncul tidak terlalu besar.  Namun untuk kejahatan tertentu mungkin akan sulit untuk bisa diikhlaskan dengan sepenuh hati, seperti misalnya ditipu, diperkosa, disiksa, dianiaya, dan lain-lain.

3. Dikhianati Orang yang Dipercaya

Seseorang mungkin tidak akan habis pikir apabila orang yang dipercaya ternyata melakukan sesuatu hal yang sangat merugikan.  Misalnya seperti dibohongi oleh sahabat sendiri, dijerumuskan oleh orangtua sendiri, uang dibawa lari oleh sekretaris, dan lain sebagainya.

4. Putus Cinta dengan Orang yang Dicintai

Rasa sakit yang diderita oleh orang yang putus cinta terkadang tidak hanya sebatas sakit hati saja, karena bisa saja berkembang menjadi penyakit betulan.  Terlebih lagi putus cinta disebabkan oleh pengkhianatan, pemutusan sepihak tanpa alasan yang jelas, ditinggal kawin, dan lain-lain.

5. Menjadi Korban Bencana Alam

Terkena dampak langsung dari suatu bencana alam yang dahsyat mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan seumur hidup.  Walau pun sudah berlalu sangat lama sekali, orang yang menjadi korban bencana mungkin masih terus terbayang-bayang akan kejadian yang sangat nahas tersebut yang begitu menakutkan.

6. Mengalami Cacat Permanen

Semua orang tentu tidak mau menjadi orang cacat seumur hidup.  Namun ada kalanya seseorang mengalami musibah sehingga dipaksa untuk menjadi orang cacat.  Contoh seperti buta, tuli, pincang, buntung, lumpuh, luka bakar, dan lain sebagainya.

7. Diprediksi Menang Namun Kalah

Sesuatu yang telah diprediksikan menang telak di atas kertas akan amat sangat merasa malu sekali apabila tenyata kalah telak.  Hal ini tentu saja akan membuat pihak yang kalah sulit untuk menerima kenyataan yang sangat pahit tersebut.

8. Kehilangan Benda Kesayangan / Favorit

Tentu akan menjadi sesuatu yang berat jika seseorang harus kehilangan hal-hal yang sangat digemarinya, seperti misalnya kehilangan cincin kawin, kehilangan benda pemberian artis favorit, kehilangan benda koleksi yang harganya sangat mahal, kehilangan handphone / hp / smartphone, dan lain sebagainya,

9. Dipermalukan Di Depan Orang Banyak

Dibuat malu di depan umum merupakan sesuatu yang pada umumnya tidak bisa diterima begitu saja oleh sebagian orang.  Dipermalukan di depan orang-orang banyak tentulah membuat rasa malu yang amat sangat sehingga tak akan mudah dilupakan.

10. Gagal Mendapatkan Sesuatu yang Sangat Diinginkan

Rasa penasaran, rasa kesal, rasa sedih, rasa stress, rasa benci, rasa bersalah, rasa galau, dan lain sebagainya bisa muncul ketika apa yang diharapkan ternyata tidak dapat diraih.  Lebih-lebih lagi apabila apa yang hendak didapat tersebut adalah sesuatu yang membuat kita terobsesi.  Tentu akan jauh lebih sakit lagi rasanya.

-----

Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas caranya sangat mudah sekali.  Cukup dengan menerima semua kenyataan tersebut sebagai suatu ujian yang diberikan oleh Allah SWT serta menjadikannya sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga maka InsyaAllah tidak akan ada lagi rasa sedih, rasa kesal, rasa dendam dan rasa-rasa negatif lainnya yang dipicu oleh kenangan buruk di masa lalu.  Berhentilah menatap masa lalu, mulailah menatap ke depan dengan serius demi kebaikan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai / sayangi.  Mudah-mudahan banyak memberi manfaat untuk kita semua, atas segala kekurangannya saya mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kenyataan/Peristiwa/Kejadian yang Sulit Diterima Seseorang"

Poskan Komentar