Makna / Arti Ulang Tahun yang Sebenarnya (Asli)

Ulang tahun adalah sesuatu yang banyak dianggap serius oleh banyak orang.  Padahal ulangtahun hanyalah pengulangan tanggal dan bulan yang sama dengan tanggal dan bulan hari lahir kita.  Sebagian orang bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat meriah hari ulangtahunnya atau hari ulang tahun orang.  Padahal jika dipikir-pikir dengan hati yang bersih, akal sehat dan penuh kedewasaan maka ulang tahun hanyalah sesuatu hal yang membuat diri kita sedih dan berpikir akan banyak hal.

Beberapa Arti Ulang Tahun / Makna Ultah yang Suka Dilupakan Orang :

1. Bertambah Tua

Orang yang berulang tahun berarti orang tersebut umurnya bertambah sehingga ketuannya bertambah dan kemudaannya berkurang.  Pada awalnya memang seseorang akan tumbuh dan berkembang menjadi orang yang dewasa serta muda secara fisik.  Namun secara perlahan-lahan tubuh seseorang akan mengalami penuaan sehingga pada akhirnya akan menjadi tua renta yang tidak menarik seperti dulu lagi.

2. Merasa Sedih

Semakin tua maka umur seseorang akan semakin dekat dengan ajalnya.  Mati merupakan sesuatu hal yang pasti akan terjadi di mana setiap manusia maupun jin tidak akan tahu kapan dirinya akan mati meninggalkan dunia yang fana ini untuk menuju ke alam berikutnya.  Merayakan ulang tahun merupakan suatu kepalsuan karena pada dasarnya yang seharusnya dirasakan adalah kesedihan.  Sedih karena menjadi lebih tua secara fisik, dan sedih karena akan segera meninggal dunia cepat maupun lambat.

3. Keharusan Bertambah Dewasa

Tentu tidak akan terlihat pantas apabila orang yang secara fisik terlihat dewasa namun kelakuannya seperti anak-anak pada umumnya.  Walau pun tidak wajib namun untuk menjadi orang dewasa yang sesungguhnya maka seseorang harus menjadi lebih baik, lebih berpikir dewasa, lebih bijaksana, lebih menjaga diri, lebih peduli, lebih cerdas, dan lain-lain dari sebelum-sebelumnya.

4. Tidak Menambah Umur

Membuat suatu perayaan ulang tahun atau pesta ulang tahun tidak akan menambah umur seseorang.  Seseorang pun bisa jadi mengalami meninggal dunia pada saat merayakan ulang tahunnya sendiri.  Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hal-hal yang mungkin dapat menambah umur manusia antara lain seperti do'a, sedekah, tasbih, sedekah, dan lain-lain.

5. Ulang Tahun Palsu

Banyak orang yang merayakan ulang tahunnya dengan menggunakan kalender masehi yang didasarkan atas perhitungan revolusi planet bumi terhadap matahari.  Padahal sistem penanggalan yang diakui dan digunakan oleh Allah SWT adalah sistem penanggalan hijriah yang didasari atas fase-fase bulan.  Dengan begitu akan ada dua ulang tahun yang berbeda dalam satu tahun.  Jika bingung, maka sebaiknya pilih saja tidak merayakan ulang tahun sebagaimana yang dicontohkan oleh suri tauladan kita 1400 tahun yang lalu.  Yang patut dirayakan sebesar-besarnya adalah dua atau tiga kali hari raya saja setiap tahun.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang ulang tahun.  Ulang tahun adalah sesuatu hal yang tidak perlu untuk dirayakan dengan senang riang gembira.  Ulang tahun perlu disikapi dengan bijaksana, bukan hanya sekedar mengikuti trend atau budaya yang berlaku setempat saja.  Daripada membuang-buang uang untuk merayakan ulang tahun dan menyusahkan orang lain untuk membantu diri kita merayakan ultah, maka sebaiknya disedekahkan saja kepada orang lain yang ada di sekitar kita yang membutuhkan.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makna / Arti Ulang Tahun yang Sebenarnya (Asli)"

Poskan Komentar