Kisah Cerita / Sejarah Awal Berdirinya Website Organisasi.Org

Situs web ini adalah situs web yang telah berdiri sejak dahulu kala.  Tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2001 domain organisasi.org didaftarkan untuk pertama kalinya di dunia internet.  Namun pada saat itu admin organisasi.org yaitu godam64 masih belum menentukan penggunaan alamat situs web tersebut.  Pendaftaran alamat organisasi.org saat itu menggunakan pendaftaran domain gratis yang diselenggarakan oleh namezero.com karena admin yang masih kuliah belum mampu untuk menyewa domain sendiri.  Setiap website yang didaftarkan gratis oleh namezero.com akan menayangkan iklan dari namezero.com sebagai gantinya.

Pada saat itu admin organisasi.org hanya bisa membuatkan sebuah halaman web sederhana saja yang dibuat dari program office word.  Karena tidak digunakan secara maksimal, maka pihak namezero.com pun mengambil alih keadminan penuh dari domain organisasi.org sehingga admin tidak bisa melakukan apa-apa lagi terhadap domain organisasi.org kecuali jika membayar sejumlah uang tertentu kepada namezero.com kalau tidak salah.  Akhirnya domain organisasi.org pun lama-kelamaan habis masa berlakunya (expired) karena tidak diperpanjang oleh pihak namezero.com dan mungkin juga oleh perusahaan lainnya setelah namezero.com sehingga mati suri untuk sementara waktu.

Pada tahun 2005 menjelang admin lulus kuliah melakukan pendaftaran domain generik sendiri secara mandiri untuk pertama kalinya di dalam hidupnya.  Domain organisasi.org didaftarkan di perusahaan layanan hosting dan pendaftaran domain internet idwebhost.com yang berpusat di Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja).  Tepatnya pada tanggal 13 Agustus 2005 domain organisasi.org aktif kembali dan siap untuk dijadikan situs web yang bisa mengguncang dunia.

Membangun situs web yang baik memang membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, perasaan, biaya, dan lain sebagainya.  Baru sekitar tanggal 11 April 2006 admin organisasi.org membuat situs web dinamis berartikel sendiri untuk pertama kalinya dengan menggunakan server web hosting gratis yang didapat dari program post to host pada forum yang menawarkan web hosting gratisan dengan kontrol panel cPanel serta diperkuat dengan software drupal yang juga gratis.

Dimulai dengan niat iseng-iseng saja untuk berbagi ilmu yang bermanfaat dengan orang lain sesama pengakses internet, lama kelamaan admin menjadi senang untuk menulis di blog organisasi.org.  Dari pengunjung yang awalnya hanya sedikit jumlahnya, sedikit demi sedikit mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.  Tentu saja, hal tersebut membuat admin semakin bersemangat untuk menambah jumlah tulisan artikel multi tema yang dapat memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Selama perjalanan organisasi.org di dunia maya, terjadi banyak suka dan duka yang menjadi hidup admin.  Ada banyak masalah yang terjadi di dalam kegiatan operasional organisasi.org yang terkadang membuat admin pusing tujuh keliling.  Mulai dari masalah error software sampai server web yang selalu drop alias mati karena diserbu oleh banyak pengunjung dari berbagai penjuru dunia.  Pada akhirnya admin menemukan solusi sederhana untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan blog gratisan blogger.com sebagai penyedia web hosting sekaligus software websitenya.  Saat ini organisasi.org menggunakan blog gratis di alamat keju.blogspot.com atau keju.blogspot.co.id sebagai alamat dasarnya.

Tidak terasa waktu terus berjalan hingga saat ini.  Admin organisasi.org berharap situs web ini dapat menjadi situs web yang bermanfaat bagi lebih banyak orang lagi ke depannya.  Admin pun memutuskan untuk memperpanjang pendaftaran sewa domain organisasi.org secara maksimal hingga sepuluh tahun ke depan.  Admin berharap jika admin sudah tidak aktif lagi harap bantu admin menjaga eksistensi website ini dengan membantu memperpanjangkan registrasi domain ini pada idwebhost.com.  Atas segala kekurangan dan kesalahan yang admin perbuat selama ini, admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Semoga kita semua selalu diberikan kebaikan dunia akhirat oleh Allah SWT.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kisah Cerita / Sejarah Awal Berdirinya Website Organisasi.Org"

Posting Komentar