Konsumsi Gula Menyebabkan Penyakit Mematikan bagi Manusia

Pada hakikatnya manusia tidak memerlukan gula pemanis dalam kehidupannya sehari-hari.  Manusia bisa mendapatkan gula alami yang yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi manusia dalam kesehariannya.  Namun akibat selera manusia yang suka dengan makanan dan minuman yang manis-manis maka berbagai macam gula-gulaan pemanis pun dikonsumsi manusia yang seringkali jumlahnya berlebihan melebihi batas pemakaian harian yang disarankan.

Berdasarkan banyak bukti penelitian ilmiah yang ada di dunia, menguatkan fakta bahwa asupan gula pada manusia berperan besar dalam peningkatan resiko obesitas, penyakit kanker dan penyakit diabetes tipe dua.  Akibat asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan sindrom metabolik yang berbahaya bagi manusia.  Sindrom metabolik bisa berupa tekanan darah tinggi (hipertensi), lemak tubuh berlebih di bagian pinggang, kadar glukosa darah yang tinggi dan kadar kolesterol yang normal-normal saja.

Oleh sebab itu maka sebaiknya setiap orang mengurangi jumlah asupan gula dalam kehidupan kesehariannya demi menjaga kesehatan dirinya sendiri.  Menurut suatu penelitian menemukan bahwa seseorang yang tidak mengkonsumsi gula selama sembilan hari akan menyebabkan turunnya tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan juga meningkatkan fungsi hati.  Namun jumlah kalori yang ada pada tubu manusia tidak berubah alias tetap walaupun lama tidak mengkonsumsi gula-gulaan.  Dengan demikian mari kita batasi pemakaian gula kita agar tubuh tetap sehat selalu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Konsumsi Gula Menyebabkan Penyakit Mematikan bagi Manusia"

Poskan Komentar