Kopi Aneh Kopi Toratima Asal Sigi Sulawesi Mirip Kopi Luwak

Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi.  Tidak hanya ada kopi yang biasa, namun juga ada kopi-kopi yang aneh.  Ada kopi luwak yang dibuat dari biji kopi yang ada di kotoran buang air besar binatang luwak (sejenis musang).  Ada juga kopi yang mirip-mirip dengan kopi luwak yang bernama kopi toratima.  Kopi toratima berasal dari daerah Sigi, Sulawesi.  Bagi pecinta minuman kopi tentu saja hal ini menjadi suatu hal yang membuat penasaran karena kopi jenis toratima tidak tereskpos oleh media massa secara besar-besaran.

Kopi toratima adalah kopi yang aneh.  Anehnya adalah kopi toratima dibuat dari biji kopi yang dibuang oleh binatang pemakan kopi.  Contoh binatang yang suka makan kulit kopi yang manis adalah seperti tikus, kelelawar, tupai / bajing, dan lain sebagainya.  Hewan-hewan hanya memakan kulit kopi yang rasanya manis dan merupakan kopi pilihan sesuai seleranya lalu membuang bijinya sembarangan sekehendak hatinya.

Biji kopi yang bekas santapan binatang tersebut biasanya tersebar di permukaan tanah.  Warna biji kopi toratima adalah berwarna putih dan sudah dalam keadaan terkelupas.  Biji kopi muntahan binatang tersebut kemudian dikumpulkan dan diproses secara tradisional.  Biji kopi toratima diproses secara tradisional dengan cara disangrai dan kemudian ditumbuk.  Namun jika tidak dicuci tentu saja dikhawatirkan tidak higienis serta tidak menghilangkan najis yang menempel pada biji kopi toratima.  Oleh karena itu hendaknya kopi toratima dikonsumsi jika kita yakin telah higienis dan bebas dari najis.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kopi Aneh Kopi Toratima Asal Sigi Sulawesi Mirip Kopi Luwak"

Poskan Komentar