Kriteria Acara Stasiun Televisi Muslim / TV Agama Islam Yang Baik dan Berkah

Banyak orang yang berkomentar bahwa acara di stasiun tv indonesia banyak yang menyesatkan para penontonnya. Memang tidak mengherankan karena yang ada di layar televisi kita memang rata-rata isinya hiburan yang melalaikan ibadah, menambah dosa, membodohi, merusak moral anak-anak, berorientasi pada keuntungan, dan lain-lain. Tercermin dari rakyat indonesia yang kian kurang religius dan lebih mencintai dunia daripada akhirat.

Salah satu solusi untuk mengembalikan nilai-nilai islam pada masyarakat indonesia adalah dengan menyebarkan ajaran-ajaran islam yang penuh kebenaran melalui media massa. Acara-acara yang bernafaskan islam tersebut ditayangkan secara apik dan menarik dalam siaran televisi. Yang pasti acara-acara tv tersebut tidak boleh bertentangan dengan ajaran syariat islam.

Beberapa kriteria acara tv umat islam / umat muslim yang baik adalah sebagai berikut :

1. TV Al Sunnah Wal Jamaah

Televisi muslim yang baik adalah televisi yang mengajarkan ajaran golongan kaum muslim yang paling banyak di dunia yaitu yang disebut sebagai golongan al sunnah wal jama'ah. Tidak mengajarkan ajaran golongan-golongan muslim kecil yang terkadang tidak sesuai dengan ajaran kaum al sunnah waljamaah.

2. Tidak Memperlihatkan Aurat

Aturan aurat dalam islam sudah sangat jelas, sehingga mau tidak mau orang-orang yang ditampilkan di tv kaum muslimin harus menutup auratnya dengan baik. Aurat harus dilindungi dari tatapan-tatapan orang lain yang bukan muhrim yang bisa menimbulkan hal-hal buruk demi kebaikan bersama.

3. Menampilkan Da'i, Mubaligh, Ustad, Dsb Yang Berkualitas

Penyebaran ajaran agama islam di media massa menjadi kurang maksimal jika yang menyebarkan kurang mampu menarik perhatian para pemirsanya. Butuh pendakwah-pendakwah yang mudah mendapatkan hati para melihatnya dengan materi penyampaian yang mudah dipahami dan menggugah hati nurani. Tidak melulu menampilkan dai yang lucu, namun juga yang serius.

4. Tidak Menyinggung Umat Beragama Lain

TV islam yang baik harus mampu bertoleransi, menghormati dan menghargai umat dari agama yang berbeda. Ajarkan kebenaran dan kasih sayang yang terbaik yang bisa diberikan karena dakwah tidak boleh dilakukan dengan kekerasan. Tunjukkan akhlak yang mulia dan rasa kasih sayang terhadap sesama, maka dakwah akan jauh lebih mudah dilakukan.

5. Dikemas Secara Apik (Bagus)

Tampilan acara dalam televisi kaum muslimin tidak boleh lebih buruk daripada stasiun televisi lain yang tidak mengkhususkan diri pada siar islam. Butuh kreativitas tingkat tinggi untuk memasukkan islam murni dalam acara-acara televisi yang diterima masyarakat secara umum. Islam harus mampu menunjukkan sebagai yang terbaik di mana pun berada agar orang-orang yang saat ini jauh dari islam bisa mulai menemukan kembali bagian dirinya yang hilang.

-----

Mudah-mudahan suatu saat nanti muncul stasiun-stasiun televisi bernuansa islam yang disiarkan secara umum tanpa harus berlanggganan tv berbayar. Syiar islam harus mengikuti teknologi dan budaya masyarakat yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Jika kita mampu menaklukkan teknologi dan trend dalam suatu kreativitas tingkat tinggi, maka islam akan semakin tersebar ke hati banyak orang di indonesia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kriteria Acara Stasiun Televisi Muslim / TV Agama Islam Yang Baik dan Berkah"

Posting Komentar