Kriteria / Syarat Makanan yang Boleh Dimakan Manusia / Orang

Makanan dan minuman tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa lapar dan rasa haus saja.  Makanan dan minuman bisa berfungsi sebagai hiburan manusia yang mengkonsumsinya.  Makanan dan minuman ada yang bisa menyebabkan kebaikan dan juga ada yang dapat menyebabkan keburukan pada orang yang mengkonsumsinya, sehingga setiap orang perlu mengetahui makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi agar tidak menyebabkan hal-hal buruk dan juga tidak menyebabkan dosa akibat melanggar perintah Tuhan.

Tanda / Ciri / Kriteria / Srarat Makanan yang Boleh Dimakan Manusia :

A. Boleh Dimakan oleh Manusia (Halal)

Dari seluruh makanan dan minuman yang ada di alam semesta ini terdapat makanan-makanan yang tidak boleh dimakan sama sekali atas perintah Tuhan yang Maha Esa.  Contoh makanan yang tidak boleh dimakan sama sekali yaitu seperti babi, anjing, hewan yang betaring, hewan yang berkuku tajam, hewan yang hidup di dua alam, darah yang memancar, yang mengandung najis, yang memabukkan, dan lain sebagainya.  Agama yang dianut oleh sebagian besar manusia di dunia umumnya melarang mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

B. Baik Bagi Orang yang Memakannya (Thayib)

1. Bersih / Higienis

Makanan minuman yang dikonsumsi manusia hendaknya bersih dari segala kotoran.  Contohnya makanan yang sudah jatuh ke permukaan tanah yang kotor hendaknya tidak dikonsumsi, makanan yang sudah terasa basi hendaknya juga jangan dikonsumsi agar tidak menyebabkan berbagai keburukan bagi orang yang mengkonsumsinya.

2. Tidak Terlihat Menjijikkan

Makanan dan minuman yang dinilai sebagai sesuatu yang jijik sebaiknya jangan dikonsumsi karena mungkin saja bisa menyebabkan trauma mental, muntah, sakit, dan lain sebagainya.  Itulah mengapa penampilan makanan dan minuman perlu dibuat menarik semenarik mungkin agar tidak mengganggu kestabilan jiwa orang yang akan memakannya.

3. Tidak Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Sesuatu yang beracun, terkontaminasi kuman berbahaya, dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia tentu tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.  Seseorang yang cerdas tentu tidak akan mau mengkonsumsi makanan maupun minuman yang bisa menyebabkan keburukan bagi dirinya sendiri maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

4. Tidak Memperparah Penyakit yang Sudah Ada

Bagi orang yang menderita penyakit kencing manis tentu harus membatasi jenis makanan dan minuman tertentu, terutama yang mengandung banyak zat gula.  Begitu juga bagi penderita asam urat tidak boleh makan banyak kacang-kacangan.  Penderita tekanan datang tinggi atau hipertensi tidak boleh memakan makanan yang mengandung banyak garam.  Jika ada makanan dan minuman yang bisa membuat kambuh penyakit yang diderita, maka hal tersebut menjadi terlarang bagi orang tersebut.

5. Makanan Minuman yang Sudah Banyak Dikonsumsi

Semua makanan dan minuman yang ada di dunia ini mungkin bisa menyebabkan keburukan, penyakit dan gangguan kesehatan jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama.  Itulah sebabnya mengapa ahli kesehatan menganjurkan makanan makanan yang bervariasi dari waktu ke waktu agar kebutuhan nutrisi / gizi bisa terpenuhi dengan baik dan zat-zat buruk dari suatu makanan tidak bertumpuk terlalu banyak pada tubuh seseorang.

----

Itulah beberapa hal yang menjadi kriteria makanan yang baik bagi kita semua.  Jika kita mau mengikuti aturan dari makanan dan minuman yang baik dan menjalankan pola hidup sehat dengan benar, maka kita bisa terhindar dari berbagai keburukan yang mungkin bisa terjadi.  Kurang lebihnya mohon maaf, dan mohon ditambahi atau dikoreksi jika ada yang kurang.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kriteria / Syarat Makanan yang Boleh Dimakan Manusia / Orang"

Poskan Komentar