Luas Negara Belanda Lebih Kecil Dari Luas Jawa Timur

Salah satu fakta dunia yang mungkin belum anda ketahui adalah ternyata negara Belanda adalah negara kecil.  Namun biar pun kecil namun cabe rawit hebat luar biasa di masa lalu.  Terbukti di masa jaman penjajahan kolonialisme di masa lalu Belanda mampu menguasai berbagai wilayah di banyak tempat di dunia hingga mencapai jutaan kilometer persegi.  Namun betapa sedihnya Belanda ketika masa kolonialisme berakhir Belanda harus kehilangan banyak wilayahnya di dunia.  Akan tetapi saat ini masih punya tiga wilayah kekuasaan di luar wilayah Eropa, yaitu di daerah Karibia di Benua Amerika.

Luas wilayah Belanda adalah total 42.508 kilometer persegi dengan persentasi wilayah perairan 18,41%.  Dari luas wilayah yang relatif kecil dari luas wilayah Indonesia tersebut, sebanyak sekitar 20% wilayah Belanda terletak di bawah permukaan laut luas dan 50% tanahnya berada di ketinggian kurang dari satu meter dari permukaan laut.  Jika ketinggian permukaan air laut terus bertambah tinggi akibat adanya efek pemanasan global (global warming), maka tentu saja akan semakin banyak wilayah Belanda yang berada di bawah permukaan air laut.

Jika dibandingkan dengan luas Provinsi Jawa Timur, maka Jawa Timur masih lebih luas dari wilayah Belanda.  Luas daerah Jawa Timur mencapai 47.927 kilometer persegi.  Tentu akan lebih kalah jauh lagi jika dibandingkan dengan luas Negara Indonesia yang mencapai lebih dari satu juta kilometer persegi.  Namun di masa depan belum tentu demikian karena kondisi dunia masih bisa berubah-ubah.  Indonesia bisa saja bergabung dengan negara lain, pecah menjadi banyak negara, atau yang lainnya yang di luar perkiraan kita di masa sekarang ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Luas Negara Belanda Lebih Kecil Dari Luas Jawa Timur"

Poskan Komentar