Macam/Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat Pada Manusia

Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol - Ada banyak sekali buah yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah penyakit yang berbahaya dan sering dijumpai pada usia tua. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang berminyak yang mengandung lemak jahat. Lemak ini yang nantinya akan menyumbat peredaran darah. Berbahaya sekali jika sampai menumpuk. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa buah yang ampuh menurunkan kolesterol anda, berikut daftar buah-buahan tersebut.

Beberapa Buah-Buahan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat di Dalam Tubuh Manusia :

1. Alpukat sebagai penurun kolesterol yang ampuh

Di dalam alpukat terdapat lemak baik yang cukup banyak sekitar 16%. Lemak yang terkandung ini adalah lemak jenis tak jenuh yang sangat bagus untuk kesehatan terutama menurunkan kolesterol dalam tubuh. Lemak tak jenuh ini berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga pembuluh darah dari kerusakan akibat penumpukan kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti omega 9 dan seratnya juga baik untuk pengguna diabetes karena menjaga kadar gula di dalam tubuh.

2. Jeruk nipis sebagai buah penurun kolesterol

Buah yang ampuh selanjutnya untuk menurunkan kolesterol adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk menghambat produksi kolesterol. Senyawa ini juga terdapat dalam teh, buah tomat, kedelai, delima dan brokoli. Cara mengkonsumsi buah ini cukup sederhana, cukup peras saja dan campurkan dengan air matang lalu meminumnya secara rutin. Secara medis buah ini adalah rekomendasi dari pakar herbal yang ampuh menurunkan kolesterol.

3. Mangga penurun kolesterol yang ampuh

Kandungan serat prebiotik dalam buah ini ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh.Kandungan vitamin c pada buah ini juga menghambat terbentuknya plak dan penumpukan dalam pembuluh darah sehingga kolesterol dapat diatasi.

4. Jambu merah penurun kadar kolesterol yang ampuh

Selain apel, buah yang sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol adalah jambu merah. Jambu merah memiliki banyak flavonoid, vitamin C dan vitamin E, serta beberapa kandungan lainnya. Kandungan tersebut yang mampu menurunkan kadar kolesterol sampai 52.64% dari total 82.23%. Hal tersebut bisa terjadi jika seseorang mengkonsumsinya secara rutin selama dua bulan.

5. Delima sebagai penurun kolesterol yang ampuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, delima memiliki senyawa flavonoid yang dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Biasanya kebanyakan orang mengkonsumsi bahan ini dalam bentuk jus yang sudah beredar di supermarket. Kandungan lain seperti anti oksidan juga menjadi perhatian khusus karena sampai 3 kali lipat lebih banyak dari bahan lain.

---

Di samping lima buah obat alami penurun kadar kolesterol dalam darah yang telah dijelaskan di atas, masih ada banyak lagi buah lainnya yang punya kemampuan yang sama.  Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha, namun yang menentukan tetap Tuhan yang Maha Esa.  Jika kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita tetap tinggi walaupun telah mencoba cara-cara alami, maka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan medis yang lebih tepat.  Siapa tahu obat medis lebih cocok bagi tubuh anda dibandingkan dengan obat-obatan alami.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Macam/Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat Pada Manusia"

Poskan Komentar