Penjelasan / Arti Minum Obat Setelah Makan

Ketika kita sakit biasanya kita akan minum obat atau makan obat sebagai salah satu bentuk usaha untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita.  Ada berbagai jenis / macam obat-obatan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari.  Ada obat yang berbentuk pil, tablet, puyer, sirup, salep, bedak, krim, dan lain sebagainya.  Kesehatan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi manusia sehingga tidak heran jika seseorang rela berbuat banyak untuk mengobati penyakit yang dideritanya.

Salah satu bentuk petunjuk yang sering kita jumpai dalam urusan minum obat adalah obat diminum / dikonsumsi setelah makan.  Kata setelah makan memang terlihat begitu sepele dan kita merasa yakin telah memahami makna dari ungkapan tersebut secara menyeluruh.  Namun pada kenyataannya belum tentu demikian.  Mungkin saja ada banyak orang yang salah mengartikan kata setelah makan pada petunjuk pemakaian obat yang didapatkannya.

Arti dari kata setalah makan pada pengkonsumsian obat medis adalah obat tersebut dikonsumsi satu jam setelah kita makan.  Jika kita langsung minum obat setelah makan, itu namanya bukan minum obat setelah makan, akan tetapi minum obat bersama makanan yang kita makan.  Jadi kita harus menunggu sekitar satu jam setelah makan untuk minum obat yang aturan mainnya diminum setelah makan.  Jika obat dimakan beberapa saat setelah makan dikhawatirkan penyerapan obat bisa kurang efektif di dalam tubuh peminum obat tersebut.

Minum obat memang tidak boleh sembarangan.  Terutama pada obat-obatan yang bertanda merah, di mana untuk mengkonsumsinya harus atas rekomendasi dokter.  Sebelum kita minum obat hendaknya mempelajari terlebih dahulu aturan main minum obatnya.  Jangan sampai kita salah dalam tata cara mengkonsumsi obat yang baik dan benar, sehingga obat yang kita minum tidak dapat memberikan efek terbaiknya pada tubuh kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penjelasan / Arti Minum Obat Setelah Makan"

Poskan Komentar