Macam / Jenis Rahasia yang Disembunyikan Seseorang / Manusia

Rahasia adalah sesuatu yang disembunyikan yang tidak ingin diketahui oleh orang-orang yang tidak diinginkan.  Rahasia bisa bersifat personal atau pribadi dan bisa juga bersifat kelompok.  Rahasia sebaiknya dijaga dengan baik, kecuali rahasia-rahasia tertentu yang tidak baik untuk disimpan yang telah dijabarkan para artikel sebelumnya di website organisasi.org ini.  Ada banyak jenis macam ragam rahasia yang dimiliki dan dijaga kerahasiaannya oleh manusia.

Macam-Macam / Jenis-Jenis Rahasia yang Biasa Tersembunyi Disembunyikan Manusia :

1. Rahasia Kejelekan / Keburukan Pribadi

Setiap orang pada umumnya memiliki sesuatu yang disembunyikan dari orang lain karena merasa malu jika diketahui oleh orang lain.  Biasanya yang berhubungan dengan sesuatu yang jelek atau buruk dari diri seseorang dijaga dengan baik agar tidak diketahui orang lain.  Contohnya seperti suka mencabuti bulu hidung saat sedang sendirian, suka menangis ketika menonton film drama, suka mencuri buah mangga tetangga saat malam hari, dan lain sebagainya.

2. Rahasia Diri Sendiri

Rahasia pribadi seseorang yang yang satu ini berkaitan dengan hal-hal yang tidak memalukan bagi seseorang.  Rahasia pribadi belum tentu berupa keburukan yang bisa mengakibatkan rasa malu jika rahasia tersebut dibongkar oleh orang lain.  Misalnya saja seperti rahasia resep masakan enak, rahasia trik bisnis, rahasia cita-cita masa depan, rahasia orang yang dicintai, dan lain-lain.

3. Rahasia Instansi / Organisasi

Suatu instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta serta bentuk-bentuk organisasi lainnya biasanya memiliki sesuatu yang bersifat rahasia dan tidak ingin diketahui oleh khalayak umum.  Contohnya yakni seperti rahasia data pembayaran pajak pada Kantor Pelayanan Pajak, data riwayat penyakit pasien pada rumah sakit, strategi promosi pada perusahaan dagang, dan lain sebagainya.

4. Rahasia Orang Lain

Mendapatkan amanah atau kepercayaan dari orang lain untuk menjaga suatu rahasia merupakan sesuatu hal yang wajar dalam hubungan sosial kemasyarakatan.  Orang lain memberi tahu sesuatu yang tidak boleh diberi tahu kepada pihak lain atau kita mengetahui sesuatu yang dirahasiakan seseorang tanpa diberi tahu lalu kita merahasiakannya demi kebaikan orang tersebut.

5. Rahasia Umum

Rahasia umum adalah rahasia yang sudah banyak diketahui oleh orang banyak secara umum.  Biasanya rahasia umum merupakan sesuatu yang tidak baik atau tidak terpuji.  Rahasia umum terus-menerus berlangsung karena tidak ada ketegasan dari pihak yang berwenang sehingga hal-hal yang buruk tersebut terus terjadi.  Contoh dari rahasia umum yaitu seperti ada banyak tempat pelacuran di jakarta, ada banyak oknum pemerintah yang korupsi, ada banyak oknum polisi lalu lintas yang sidang di tempat, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Macam / Jenis Rahasia yang Disembunyikan Seseorang / Manusia"

Posting Komentar