Pos Pengeluaran yang Bisa Dikurangi/Dihilangkan Untuk Hemat Uang/Anggaran

Uang yang kita miliki ada kalanya harus dihemat sedemikian rupa agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup yang datang silih berganti.  Jika ingin ada sesuatu yang mahal yang ingin dibeli atau dibayar maka mau tidak mau harus ada pengeluaran-pengeluaran rutin yang harus dihemat.  Dengan melakukan penghematan uang yang cukup intensif pada pos-pos pengeluaran tertentu maka diharapkan pada jangka waktu tertentu terdapat cukup uang untuk melaksanakan apa yang kita kehendaki.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Uang / Anggaran  Kita :

1. Anggaran / Pos Pengeluaran Makan, Minum dan Jajan

Mulailah mengubah kebiasaan makan dan minum yang tadinya membeli di luar dengan memasak sendiri.  Jika tidak bisa memasak sendiri maka mintalah anggota keluarga yang lain atau pembantu untuk memasak.  Masaklah yang murah meriah namun bergizi tinggi.  Jika tidak ada yang memasak maka ubahlah pola jajan yang tadinya butuh dana besar menjadi seminim mungkin.  Jajanlah hanya untuk makan besar saja yang tidak menghabiskan lebih dari Rp. 15.000,- persekali makan minum.

2. Anggaran / Pos Pengeluaran Hiburan dan Jalan-Jalan

Jika ingin berhemat uang dalam jumlah besar maka hilangkanlah setiap kegiatan yang bersifat senang-senang yang tidak mendesak.  Semua kegiatan jalan-jalan dan upaya menghibur diri distop untuk sementara waktu hingga kebutuhan dana yang diperlukan terpenuhi dan ada lagi dana anggaran untuk kegiatan yang bersifat hiburan.

3. Anggaran / Pos Pengeluaran Transportasi

Yang tadinya naik taksi kini diubah menjadi naik angutan umum.  Yang tadinya naik mobil pribadi menjadi naik sepeda motor.  Yang tadinya mengisi bahan bakar mahal diganti menjadi bahan bakar yang bersubsidi pemerintah.  Jika tidak perlu-perlu sekali dan jaraknya tidak terlalu jauh maka sebaiknya jalan kaki saja.  Lebih baik lagi jika penggunaan kendaraan pribadi diubah menjadi sepeda biasa sehingga selain hemat juga akan menyehatkan tubuh.

4. Anggaran / Pos Pengeluaran Telekomunikasi

Hentikan untuk sementara waktu berbagai komunikasi yang berbiaya tinggi.  Misalnya seperti telepon diubah menjadi menggunakan media sosial, email atau sms.  Untuk sementara sebaiknya tidak berlangganan koneksi internet yang mahal-mahal.  Gunakan saja layanan internet operator lain yang jauh lebih murah pada simcard kedua.

5. Anggaran / Pos Pengeluaran Belanja

Belanjalah sesuatu yang memang benar-benar sangat dibutuhkan pada saat itu.  Jangan lagi membeli kebutuhan sekunder apalagi kebutuhan yang mewah-mewah.  Selain itu iritlah dalam hal penggunaan barang-barang belanjaan sehingga bisa menghemat uang belanjaan dalam jumlah yang cukup lumayan besar.  Cari tempat belanjaan yang mudah dan carilah promosi sehingga bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan besar.

----

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pengeluaran sehari-hari sehingga dana anggaran yang ada bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting.  Itu pun jika memang ada anggarannya karena ada kalanya anggaran yang seharusnya ada menjadi tidak ada karena sesuatu hal sehingga memaksa kita untuk memutar otak agar hidup bisa terus berjalan dengan baik.  Kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Pos Pengeluaran yang Bisa Dikurangi/Dihilangkan Untuk Hemat Uang/Anggaran"

Poskan Komentar