Mahasiswa Harus Membiasakan Membaca Jurnal Penelitian Sejak Awal Perkuliahan

Pada awal perkuliahan seringkali mahasiswa baru merasa sedikit bingung, apa yang harus di pelajari selain membaca text book atau materi yang telah diberikan oleh dosen. Ada satu lagi bahan bacaan yang sebaiknya sering untuk dibaca, yaitu jurnal penelitian. Jurnal penelitian merupakan terbitan/buku yang bisa berbentuk tabloid yang diterbitkan secara berkala. Jurnal ini berisi kumpulan dari penelitian-penelitian atau hasil riset dari para dosen maupun mahasiswa.

Dengan membaca jurnal, banyak sekali manfaat yang bisa didapat, terutama untuk persiapan skripsi kelak. Dengan membaca jurnal, kita bisa mengetahui suatu hasil penelitian atau riset yang telah dilakukan, dan tentu saja telah dijamin kebenarannya karena telah diterbitkan melalui penerbit. Jurnal menjadi referensi mahasiswa untuk mendapatkan kajian-kajian dari penelitian terdahulu yang bisa digunakan untuk membuat paper, tugas, laporan maupun membuat proposal penelitian. Dan tentu saja bagi mahasiswa yang rajin membaca jurnal, apabila dosen mengajukan pertanyaan di kelas, mahasiswa akan lebih siap untuk menjawab dan tentu saja mendapat nilai tambahan yang diberikan oleh dosen.

Bukankah sungguh menyenangkan menjadi mahasiswa yang selangkah lebih maju dan mengetahui hal-hal yang bahkan mahasiswa lain tidak mengetahuinya? Marilah kawanku para mahasiswa, biasakan membaca jurnal mulai saai ini, bahkan lebih baik lagi jika membaca jurnal berbahasa inggris atau jurnal internasional, supaya pengetahuan kita semakin bertambah, menjadi mahasiswa yang berdedikasi tinggi dan bukan hanya menempuh perkuliahan semata-mata hanya untuk mendapat nilai baik dari dosen.

Oleh : ???

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Mahasiswa Harus Membiasakan Membaca Jurnal Penelitian Sejak Awal Perkuliahan"

Posting Komentar