Manfaat/Kegunaan/Fungsi Minimarket dan Toko/Warung Kelontong di Dekat Rumah

Kegiatan perdagangan adalah aktivitas wajib manusia yang terjadi di sekitar kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Tanpa adanya kegiatan jual beli antara pembeli dan penjual, maka manusia akan sulit mendapatkan apa-apa yang dibutuhkannya. Dalam keseharian kita terbiasa dan akrab dengan keberadaan penjual barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari dalam bentuk toko kelontong/warung kelontong dan mini market.

Apa saja manfaat, kegunaan, fungsi dari mini market dan warung kelontong yang ada di sekitar kita? Mari kita lihat kebaikan-kebaikannya berikut di bawah ini :

1. Tempat Membeli Produk Kebutuhan Rumah Tangga dan Pribadi

Karena warung dan mini market menjual berbagai produk barang kepada konsumen, maka kita dapat memenuhi sebagian kebutuhan rumah tangga kita di sana. Kelebihan dari mini market dan toko kelontong adalah jaraknya yang dekat dengan rumah kita sehingga bisa menghemat biaya ongkos transportasi, waktu dan tenaga. Namun kelemahannya adalah harga jual produk yang tidak semurah berbelanja di hipermarket, supermarket dan pasar tradisionil. Untuk kebutuhan produk dalam jumlah kecil dan bersifat segera, mini market dan toko/warung kelontong lebih disukai dibandingkan dengan tempat lainnya.

2. Tempat Mencari Informasi Produk Baru dan Produk Lama

Di mini market kita bisa bebas melihat-lihat produk yang dipajang rapi. Sebelum membeli produk yang kiranya masih asing bagi kita sebaiknya dipelajari terlebih dahulu dengan meraba dan membaca. Jika di televisi dan internet kita bisa lihat gambar beserta spesifikasinya, maka di toko/warung kelontong dan minimarket kita bisa melihat produknya secara langsung.

3. Tempat Rekreasi atau Cuci Mata

Cobalah main ke mini market untuk membeli makanan atau minuman ringan di saat kita sedang stress. Hal tersebut bisa membantu kita relaksasi sesaat dari berbagai masalah yang terus melanda dari waktu ke waktu. Udara dingin AC yang dipasang di mini market membantu menyegarkan kembali tubuh kita dari udara panas luar ruangan. Untuk sekedar melihat-lihat produk yang dijual di mini market tanpa membeli sesuatu pun boleh-boleh saja asalkan jangan terlalu sering. Mini market ataupun toko kelontong / warung klontong modern bisa menjadi pelipur lara, tempat rekreasi dan tempat cuci mata untuk diri kita sendiri beserta keluarga dan teman-teman kita.

4. Tempat Bersosialisasi dengan Warga Masyarakat

Saat sedang mengunjungi mini market maupun toko/warung kelontong mungkin saja kita bertemu dengan orang-orang yang kita kenal, seperti teman, tetangga, saudara, bos, anak buah, dan lain sebagainya. Dengan bertemu secara langsung dengan orang-orang yang kita kenal dapat melakukan komunikasi untuk memperkuat hubungan sosial diri kita dengan orang tersebut. Sangat mungkin sekali seseorang yang masih lajang mencari jodoh/pacar di dalam mini market atau warung/toko klontong, karena minimarket dan toko/warung adalah tempat belanja umum yang dikunjungi oleh banyak orang, baik yang tinggal di sekitarnya maupun yang tinggalnya jauh darinya.

5. Tempat Menukar Uang Receh atau Uang Besar

Jika kita butuh menukarkan uang receh atau uang besar, maka kita bisa mencoba menukarkannya ke warung, toko atau minimarket yang ada di dekat keberadaan kita. Namun jumlahnya jangan terlalu besar terutama untuk pertukaran uang besar menjadi uang kecil (recehan) karena mereka juga sangat membutuhkannya sebagai uang kembalian jika ada pembeli yang membeli barang dagangan mereka dengan uang besar.

Dan masih ada banyak lagi fungsi-fungsi lain yang bisa kita gali dari suatu mini market maupun toko/warung kelontong yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Keberadaan mereka jelas sangat dibutuhkan selama memiliki izin yang lengkap serta tidak bertentangan dengan hukum agama dan hukum negara yang berlaku. Tanpa adanya mereka sudah pasti akan menyulitkan kita ketika butuh sesuatu yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Manfaat/Kegunaan/Fungsi Minimarket dan Toko/Warung Kelontong di Dekat Rumah"

Posting Komentar