Makan Kuning Telur Tidak Meningkatkan Kolesterol Jahat Secara Signifikan

Banyak orang yang menganggap bahwa makan kuning telur bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah dalam jumlah yang cukup besar.  Hal ini menyebabkan ada banyak orang yang enggan untuk makan kuning telur ayam dalam jumlah yang banyak.  Apalagi untuk orang yang sedang mengalami masalah dengan kadar kolesterol, mungkin dokter telah memberikan saran yang salah satunya adalah membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol yang salah satunya adalah kuning telor.

Hasil Penelitian yang Melegakan Terkait Kuning Telur

Anggapan orang-orang terhadap kuning telur ternyata berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh para ahli Universitas Harvard terhadap 100.000 responden.  Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa memakan telur tidak meningkatkan resiko seseorang terhadap penyakit jantung koroner.  Penelitian lain yang serupa pun menyimpulkan bahwa mengkonsumsi tiga butir telur perhari bisa menjadi suatu upaya dalam mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan kolesterol yang baik HDL di dalam tubuh manusia.

Kandungan kolesterol di dalam satu butir telur memang cukup tinggi yaitu maksimal sekitar 200 miligram.  Tentu saja hal ini dianggap orang sebagai sesuatu hal yang bisa membahayakan kesehatan seseorang dalam jangka panjang.  Namun hasil riset konsumsi telur yang telah dilakukan tersebut membuktikan bahwa makan telur dengan kuning telurnya adalah sesuatu hal yang boleh-boleh saja dilakukan selama telur dikonsumsi secara wajar.

Kuning Telur yang Kaya Akan Nutrisi / Zat Gizi

Kuning telur mengandung banyak sekali manfaat yang cukup penting untuk tubuh manusia.  Ada asam amino leucine yang berpengaruh terhadap genetik pembangun otot, ada kolin yang baik bagi membran sel manusia, dan juga nutrisi penting lain seperti protein dan lemak.  Jika telur ayam mengandung omega 3 karena ayam yang menghasilkan telur diberi makan asam amino yang serupa maka manfaat yang dikandung oleh kuning telur ayam tersebut akan menjadi lebih bagus lagi karena mengandung banyak omega 3 yang kaya akan DHA.

Oleh sebab itu mari kita telusuri lagi kebenaran akan bahaya kuning telur seperti yang banyak dikatakan orang karena bisa saja merupakan suatu pernyataan yang tidak benar.  Jika penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kuning telur yang wajar itu baik untuk kesehatan dan tidak berpengaruh besar terhadap resiko penyakit jantung koroner, maka mana yang akan kita percaya?  Selama kita memakan telur bersama kuning telurnya secara wajar dan tidak berlebihan saya rasa tidak mengapa.

Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga memberikan manfaat yang besar bagi kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makan Kuning Telur Tidak Meningkatkan Kolesterol Jahat Secara Signifikan"

Poskan Komentar