Cara Mengurangi Jumlah Bakteri di Sikat Gigi Manusia (Meminimalisir Kuman)

Salah satu penyebab ada begitu banyaknya kuman atau bakteri di sikat gigi yang kita gunakan sehari-hari adalah karena sikat gigi diletakkan di tempat yang lembab dan basah.  Pada umumnya seseorang meletakkan sikat gigi di kamar mandi atau wastafel yang kondisinya cenderung basah-basah lembab.  Kuman bakteri secara umum senang hidup dan berkembang biak di tempat yang basah dan lembab.  Begitu cepatnya kuman bakteri berkembang biak menyebabkan sikat gigi kita ditinggali oleh banyak sekali kuman dalam waktu yang singkat walaupun telah dicuci bersih.

Ditutup Dengan Tutup Sikat Gigi Maupun Tidak Tidak Ditutup Jauh Berbeda

Fakta yang menyedihkan adalah tutup sikat gigi yang diberikan secara cuma-cuma ketika kita membeli sikat gigi tertentu ternyata malah memperparah keadaan.  Kondisi tertutup pada sikat gigi yang basah dapat mempercepat kuman bakteri dalam memperbanyak diri.  Tidak hanya sikat giginya saja yang dipenuhi kuman akan tetapi nantinya tutup sikat gigi pun juga akan turut dikerumuni kuman-kuman yang mungkin bisa menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan pada manusia.

Solusi, Tips atau Cara Mengatasi Kuman Bakteri di Sikat Gigi

Menghilangkan kuman secara tuntas memang sesuatu hal yang sulit dilakukan.  Yang bisa kita lakukan hanya memperkecil jumlah kuman / bakteri yang hidup di sikat gigi yang kita gunakan.  Salah satu cara yang bisa kita perbuat untuk mengurangi jumlah bakteri di sikat gigi yang kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari adalah dengan cara mengeringkan sikat gigi yang habis digunakan di tempat yang kering dan jauh dari wastavel, wc atau kamar mandi.  Setelah kering lalu disimpan di tempat yang kering dan jauh dari kamar mandi, wc (water closet), toilet, wastafel, dan lain-lain.

Tentu akan lebih baik lagi kita pengeringan yang kita lakukan pada sikat gigi ditambah dengan penjemuran di bawah sinar matahari langsung selama beberapa menit dan dibolak-balik agar semua sisi sikat gigi terkena cahaya matahari yang baik dalam membunuh banyak kuman.  Mudah-mudahan dengan melakukan hal tersebut kita bisa menjaga kebersihan sikat gigi kita dari kuman bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada diri kita.  Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengurangi Jumlah Bakteri di Sikat Gigi Manusia (Meminimalisir Kuman)"

Poskan Komentar